PENDIDIKAN MULTIKULTURAL OLEH GURU BEDA AGAMA DALAM MENANAMKAN KOMPETENSI SPIRITUAL SISWA DI SMP N 1 KASIHAN BANTUL

PRINTA KUSUMASTUTI, SPDI, NIM. 1420411010 (2016) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL OLEH GURU BEDA AGAMA DALAM MENANAMKAN KOMPETENSI SPIRITUAL SISWA DI SMP N 1 KASIHAN BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN MULTIKULTURAL OLEH GURU BEDA AGAMA DALAM MENANAMKAN KOMPETENSI SPIRITUAL SISWA DI SMP N 1 KASIHAN BANTUL)
1420411010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN MULTIKULTURAL OLEH GURU BEDA AGAMA DALAM MENANAMKAN KOMPETENSI SPIRITUAL SISWA DI SMP N 1 KASIHAN BANTUL)
1420411010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) penerapan pendidikan multikultural oleh guru beda agama dalam menanamkan kompetensi spiritual 2) problematika penerapan pendidikan multikultural dalam menanamkan kompetensi spiritual peserta didik 3) upaya sekolah mengatasi problematika penerapan pendidikan multikultural oleh guru beda agama dalam menanamkan kompetensi spiritual peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru, dan siswa SMP N 1 Kasihan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilengkapi dengan daftar pertanyaan. Semua data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan interpretasi yang didahului dengan trianggulasi untuk mengetahui keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendidikan multikultural dalam kompetensi spiritual oleh guru beda agama di SMP N 1 Kasihan dapat dilihat dari implementasi ibadah dalam pembelajaran, implementasi spiritual dalam proses pembelajaran, integrasi spiritual dalam materi pelajaran dan penilaian kompetensi spiritual. (2) problematika penerapan pendidikan multikultural dalam menanamkan kompetensi spiritual peserta didik adalah proses pembelajaran yang condong kepada agama mayoritas, respon negatif dari teman sejawat terhadap guru minoritas, dan pendidikan multikultural yang masih belum sepenuhnya diterima siswa. (3) upaya mengatasi problematika penerapan pendidikan multikultural oleh guru beda agama dalam menanamkan kompetensi spiritual peserta didik. adalah dengan mengubah kebijakan di sekolah yang cenderung mengutamakan mayoritas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ro’fah, M.A.,Ph.D
Uncontrolled Keywords: pendidikan multikultural, kompetensi spiritual, kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:20
Last Modified: 01 Jun 2016 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20903

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum