PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)

HENY MUFIDAH, SPDI, NIM. 1420411056 (2016) PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA))
1420411056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA))
1420411056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

HENY MUFIDAH S.Pd.I. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) dan Implikasinya terhadap pembentukan Karakter (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta). Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Kata Kunci: Pendidikan Kecakapn Hidup (Life Skills), Pembentukan Karakter, Asrama (Boarding School) Penelitian tentang Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) dan Implikasinya terhadap pembentukan karakter (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta) dilatarbelakangi oleh gagasan bahwa pendidikan tidak hanya mencangkup intelektual saja tetapi juga keterampilan (skills) sangat diperlukan di era globalisasi ini. Keterampilan (skills) tidak hanya vocational skill saja tetapi soft skill yang diperlukan untuk menghadapi problematikan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan kecakapn hidup (life skills) dan implikasinya terhadap pembentukan karakter di Madrasah Aliyah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif yang berusaha mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus penelitian ini adalah asrama Madrasah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakart. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keseluruhan data di analisis dengan tahapan: 1. Mereduksi data, 2. Menyajikan data, dan 3. Menyimpulkan hasil penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan, yaitu: pertama, konsep pendidikan kecakapan hidup (life skill) di Madrasah Aliyah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta berupa kepemimpinan (leadership) melalui berbagai macam kegiatan yang saling berhubungan guna melatih kepemimpinan baik di Madrasah maupun asrama. Kedua, proses pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam pembentukan karakter di asrama dilaksanakan dalam berbagai kegiatan dengaan melalui 3 tahapan yaitu pelaksanaan berupa pembiasaan (perintah/disiplin, suri tauladan/uswah hasanah, hukuman ganjaran), pembelajaran Asrama, dan penilaian berupa rapot asrama berdasarkan rekapitulasi poin yang telah didapatkan. Kemampuan tersebut berupa kecakapan personal, kecakapan berfikir, maupun kecakapan sosial. Adapun faktor yang mempengaruhi proses pembentukan karakter ialah faktor intern dan ekstern siswi. Ketiga, Pendidikan kecakapan hidup (life skills) yang berorentasikan pendidikan kepemimpinan (leadership) membentuk karakter siswi berupa karakter religius, disiplin, serta mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sumedi, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:22
Last Modified: 01 Jun 2016 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20904

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum