PENDIDIKAN LEMBAGA ZAKAT DI KOTA YOGYAKARTA RESPON MUSTAHIQ ATAS PENGALAMAN BELAJAR ANAK

Lessy, Zulkipli (2014) PENDIDIKAN LEMBAGA ZAKAT DI KOTA YOGYAKARTA RESPON MUSTAHIQ ATAS PENGALAMAN BELAJAR ANAK. Project Report. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN LEMBAGA ZAKAT DI KOTA YOGYAKARTA RESPON MUSTAHIQ ATAS PENGALAMAN BELAJAR ANAK)
Pendidikan Lembaga Zakat_Lemlit 12 Desember 2014.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian merupakan awal dari pengetahuan karena, dengannya, kita dapat menggali informasi aktual tentang diri kita, suatu kelompok masyarakat, atau institusi, misalnya lembaga pendidikan. Penelitian ini, fokus pada pendidikan yang dilaksanakan oleh Rumah Zakat Yogyakarta atas nama lembaga pendidikan SD Juara, telah dilaksanakan karena beberapa hal penting: Pertama, peneliti ini memiliki keterkaitan dengan bidang filantropi. Pendidikan SD Juara merupakan pendidikan yang dilaksanakan dengan memakai dana publik hasil dari penggalangan zakat, infaq, dan shadaqah dan, karena itu, perlu ada penelitian-penelitian substantif untuk mengeksplor manfaat pendidikan ini. Ini merupakan ranah publik yang tidak boleh tertutup. Oleh sebab itu, penelitian rintisan ini semoga menjadi entry point bagi penelitian-penelitian lanjutan. Kedua, penelitian ini fokus pada pendidikan anak-anak yang kurang beruntung, berasal dari golongan ekonomi rendah bahkan golongan papa. Banyak penelitian menggali pendidikan filantropi dari sudut pandang donatur, manajemen, sistem penggalangan, atau bagaimana meningkatkan donasi untuk pendidikan dan bersifat struktural, namun sedikit penelitian yang investigasi langsung pemakai, klien, atau mustahiq yang menggunakan zakat. Penelitian ini mencoba menggali langsung mengapa orangtua dari keluarga miskin memilih menyekolahkan anak-anak mereka ke SD Juara, manfaat apa yang mereka peroleh, serta apa pendapat mereka tentang sistem ini. Penelitian ini mewawancarai orangtua bukan anak dengan pertimbangan etika. Ketiga, masih jarang penelitian yang membidik lembaga pendidikan kaum marginal, dan, karena alasan ini, peneliti ini berusaha memahami fenomena dengan memakai teori fenomenologi yang digagas oleh Husserl dan Heidegger. Banyak penelitian tentang zakat, tetapi kita perlu penelitian terkini yang menggunakan teori-teori modern sebagai fondasi inquiry agar apa yang kita hasilkan itu valid. Semoga hasil penelitian ini bermanfaat bagi siapa saja yang perhatian dengan filantropi dan pendidikan. Terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Kalijaga yang memfasilitasi aktivitas ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Lembaga zakat
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Penelitian > 1. Pegawai dan Dosen
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jun 2016 13:07
Last Modified: 13 Jun 2016 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20914

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum