EFEKTIVITAS PERAN TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN (STUDI KASUS TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN UMBULHARJO DAN TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN PAKUALAMAN)

RULI INSANI ADHITYA, NIM. 11250001 (2016) EFEKTIVITAS PERAN TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN (STUDI KASUS TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN UMBULHARJO DAN TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN PAKUALAMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PERAN TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN (STUDI KASUS TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN UMBULHARJO DAN TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN PAKUALAMAN))
11250001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PERAN TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN (STUDI KASUS TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN UMBULHARJO DAN TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN PAKUALAMAN))
11250001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prioritas masalah sosial yang yang ditangani TKSK, untuk mengetahui tingkat efektivitas peran TKSK di Kecamatan Umbulharjo dan Kecamatan Pakualaman, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari efektivitas peran TKSK. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus instrumental jamak. Data yang diperoleh dari wawancara dengan aparat pemerintah dari Dinas Sosial DIY, Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta, aparat kecamatan dan kelurahan; TKSK Umbulharjo dan Pakualaman; PSM dan Karang Taruna; serta masyarakat penerima bantuan program, observasi dilakukan terhadap kegiatan pelayanan sosial TKSK, dan studi dokumen terhadap laporan-laporan atau dokumen di lapangan. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa masalah sosial yang menjadi prioritas program pelayanan sosial TKSK adalah kemiskinan. Kemudian peran-peran TKSK sebagai motivator, dinamisator, inovator, evaluator, koordinator, dan administrator dianalisis dalam hal penanganan masalah kemiskinan tersebut. Tingkat efektivitas peran TKSK dalam pendampingan sosial masalah kemiskinan sudah cukup efektif. Lima peran dari total enam peran TKSK sudah cukup baik setelah dianalisis melalui indikator efektivitas. Adapun peran yang belum berjalan efektif adalah peran sebagai inovator. Secara keseluruhan peran TKSK dapat berjalan efektif dikarenakan adanya dukungan, bantuan, pengakuan, dan juga sinergitas antara TKSK dengan pihak pemerintah dan PSKS di wilayah. Adapun yang menghambat efektivitas peran TKSK yaitu minimnya honor, minimnya fasilitas yang diberikan, pembiayaan operasioanl yang belum optimal, waktu tugas yang melebihi jam kerja, dan adanya PSKS yang kurang aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aryan Torrido, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan, Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial, Pendamping Sosial, Pelayanan Sosial
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jul 2016 09:28
Last Modified: 25 Jul 2016 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20972

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum