UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI MTs NEGERI SLEMAN KOTA

Iswadi, NIM.: 03410103 (2008) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI MTs NEGERI SLEMAN KOTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI MTS NEGERI SLEMAN KOTA)
BAB I DAN TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI MTS NEGERI SLEMAN KOTA)
BAB II SAMPAI SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kenakalan remaja (juvenile delinquency) merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, sehingga menjadi perhatian yang serius bagi orang tua dan guru. Kenakalan remaja semakin semarak dan menarik perhatian. Permasalahannya semakin meningkat, bukan saja pada frekuensinya tetapi yang lebih menghawatirkan adalah juga karena variasi dan intensitasnya. Diantara jenis dan variasi yang cukup memprihatinkan semua pihak adalah perkelahian, pacaran, penyimpangan seksual sehingga ada beberapa siswa yang terpaksa tidak bisa melanjutkan sekolahnya atau kuliahnya karena hamil di luar nikah, merokok, minuman-minuman keras dan lain sebagainya. Masa depan bangsa dan negara adalah terletak di pundak dan tanggung jawab remaja kita. Jika mereka berkembang dengan peningkatan kualitas yang semakin membaik besar harapan kebaikan dan kebahagiaan kehidupan bangsa dapat diharapkan. Namun jika jika terjadi sebaliknya maka keadaan saling menuding dan menyalahkan tidak dapat dihindarkan sedang permasalahannya semakin nyata dan semakin parah. Berdasarkan permasahan ini maka penulis mencoba meneliti permasahan remaja yaitu kenakalan siswa di MTs Negeri Sleman Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di MTs Negeri Sleman Kota. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan atau Field Recearch yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala, atau sebuah penelitian yang bertujuan melakukan studi mendalam mengenai suatu unit sosial sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisir dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Adapun metode analisa data yaitu menginterpretasikan data-data yang telah diperoleh ke dalam bentuk kalimat-kalimat dengan menggunakan langkah-langkah yaitu : Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru, Pendidikan Agama Islam, Kenakalan, Siswa, MTs Negeri Sleman
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 Dec 2024 13:48
Last Modified: 06 Dec 2024 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2100

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum