METODE PENANAMAN AQIDAH PADA SISWA DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KLECO YOGYAKARTA

KHAWI SA’DIYATIL ’ALIYAH NIM. 04410727, (2009) METODE PENANAMAN AQIDAH PADA SISWA DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KLECO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menanamkan aqidah pada siswa di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kleco Yogyakarta agar tertanan benih-benih keimanan dan ketaqwaan kepada Allah sedini mungkin dalam kepribadian siswa yang terwujud dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yaitu dengan cara analisa yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan (describle) fenomena atau data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode penanaman aqidah pada siswa di TK Aisiyah Bustanul Athfal Kleco Yogyakarta terlaksana dengan baik, yaitu dilihat dari apa yang telah dirancang dan direncanakan sudah sesuai dengan kondisi dan perkembangan siswa dengan prinsip belajar sambil bermain. Adapun metode yang digunakan guru dalam menanamkan aqidah pada siswa dalam menanamkan aqidah pada siswa di TK adalah Metode kisah/cerita yang banyak digunakan untuk mengajarkan cerita tentang Nabi dan Rasul Allah, metode hiwar (tanya jawab) yang digunakan guru dalam menyampaikan pesan pelajaran dengan cara mengajukan pertanyaan kepada siswa atau siswa diberi kesempatan untuk bertanya kepada guru, metode pembiasaan yang ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari yang pada gilirannya diharapkan dapat bermuara dalam kehidupan nyata, misalnya guru membiasakan berdoa dalam setiap aktifitas yang dilakukan, metode keteladanan yaitu dengan memberi contoh yang baik dalam setiap aktifitas yang dilakukan siswa. (2) Hasil yang dicapai dalam metode penanaman aqidah pada siswa di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kleco Yogyakarta dengan metode yang digunakan adalah sangat baik. Hal ini dilihat dari nilai keseharian siswa yang tertuang dalam SKH bahwasanya 84,5% siswa dapat menerima materi dengan baik. Sedangkan nilai dari wawancara langsung dengan siswa, bahwasanya 90,6% siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Abd. Shomad, M. A,
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Aqidah, Siswa, TK Aisyiyah, Bustanul Athfal, Kleco
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2103

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum