BINYAT AL QISHAH AL QASHIRAH NIDA’ AL-AKHIR LI ABD WAHAB MUTHAWA (DIRASAH TAHLILIYAH BUNYAWIYAH LI ROBERT STANTON)

MUHAMMAD IHSAN PUJIROSIANTO, NIM. 0911084 (2016) BINYAT AL QISHAH AL QASHIRAH NIDA’ AL-AKHIR LI ABD WAHAB MUTHAWA (DIRASAH TAHLILIYAH BUNYAWIYAH LI ROBERT STANTON). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BINYAT AL QISHAH AL QASHIRAH NIDA’ AL-AKHIR LI ABD WAHAB MUTHAWA (DIRASAH TAHLILIYAH BUNYAWIYAH LI ROBERT STANTON))
09110084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BINYAT AL QISHAH AL QASHIRAH NIDA’ AL-AKHIR LI ABD WAHAB MUTHAWA (DIRASAH TAHLILIYAH BUNYAWIYAH LI ROBERT STANTON))
09110084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Cerpen Nida’ Al-akhir adalah salah satu cerpen dari antologi cerpen berjudul Iftah Qolbak karya Abd Wahab Muthawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik dan keterkaitan antar-unsurnya. Tujuan penelitian tersebut berangkat dari rumusan masalah yaitu bagaimanakah wujud unsur-unsur intrinsik dan keterkaitan antar-unsur dalam cerpen Nida’ Al-Akhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan objek penelitian unsur intrinsik dalam cerpen Nida’ Al-Akhir menggunakan teori struktural Robert Stanton. Teori strukturalisme adalah teori pendekatan terhadap teks-teks sastra yang menekankan keseluruhan relasi antara berbagai teks. Analisis struktural bertujuan untuk membongkar dan memaparkan dengan cermat keterkaitan semua unsur karya sastra yang bersama-sama menghasilkan makna menyeluruh. Dari penelitian ini ditemukan unsur-unsur intrinsik dalam cerpen Nida’ Al-Akhir yaitu fakta cerita. 1. Alur, dalam cerpen ini adalah alur campuran karena peristiwa yang terjadi ditampilkan dalam alur maju dengan sedikit flashback. 2. Karakter, dalam cerpen ini ada empat orang, satu tokoh utama si gadis, dan tiga tokoh tambahan yaitu sang pelaut asing, dokter desa dan ayah si gadis. 3. Latar tempat, cerpen ini mengambil latar pesisir pantai, di batu karang yang menjorok ke pelabuhan dan di rumah dokter desa, sedangkan latar waktu pada cerpen ini bersifat parsial hanya menunjuk satuan-satuan waktu seperti beberapa bulan kemudian, pagi ini, esok harinya dan sore nanti. Sedang dalam sarana-sarana sastra. Judul Nida’ Al-Akhir dianggap relevan dengan gambaran dari isi cerita dan mengacu pada sang karakter utama. Sudut pandang dalam cerpen ini adalah sudut pandang orang ketiga terbatas, gaya bahasa yang digunakan metafora dan lugas dengan tone ironis, simbol yang tampak yaitu peluit kapal, cincin pertunangan dan pelaut asing sedang ironi yang tampak adalah ironi dramatis karena akhir yang tidak terduga. Tema dalam cerpen ini adalah tentang pencarian jati diri. Keterjalinan antar unsur intrinsik dalam cerpen ini menghadirkan harmoni makna yang menyeluruh sehingga membentuk sebuah rangkaian cerita yang menarik dan membangun satu kesatuan yang utuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ANING AYU KUSUMAWATI, S.Ag., M.Si.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2016 13:23
Last Modified: 27 Jul 2016 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21043

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum