MOTIVASI DIRI BEROLAHRAGA PADA YAKETUNIS FOOTBALL CLUB DI YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS) YOGYAKARTA

SYAEFUL LATIF, NIM. 09220088 (2016) MOTIVASI DIRI BEROLAHRAGA PADA YAKETUNIS FOOTBALL CLUB DI YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI DIRI BEROLAHRAGA PADA YAKETUNIS FOOTBALL CLUB DI YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS) YOGYAKARTA)
09220088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI DIRI BEROLAHRAGA PADA YAKETUNIS FOOTBALL CLUB DI YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS) YOGYAKARTA)
09220088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)

Abstract

Syaeful Latif. Motivasi Diri Berolahraga pada Yaketunis Football Club di Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (YAKETUNIS) Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga. 2016. Latar belakang penelitian ini adalah tunanetra bukanlah kelompok minoritas yang selalu memerlukan belas kasihan, namun merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan ini yang mampu juga melakukan kegiatan sebagaimana orang lain lakukan. Dalam hal ini tunanetra mampu melakukan olahraga yang membuktikan bahwa tunanetra ada. Dengan adanya olahraga yang dilakukan tentunya sangat terkait seberapa besar motivasi mereka untuk melakukan olahraga tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis motivasi Yaketunis Football Club serta faktor apa saja yang memotivasi Yaketunis Football Club dalam melakukan olahraga sepak bola. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pengurus inti YAKETUNIS Yogyakarta, ketua olahraga YAKETUNIS Yogyakarta, anak asrama YAKETUNIS Yogyakarta terutama yang menjadi anggota pemain Yaketunis Football Club. Objek yang diteliti adalah motivasi diri berolahraga pada Yaketunis Football Club. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan berolahraga ini berkaitan dengan motif biogenesis dan motif sosiogenesis dengan tendensi adanya kebutuhan secara fisik untuk tetap sehat dan dorongan secara sosial untuk mempunyai teman, dukungan juga pengakuan dari individu lain di luar dirinya. Adapun motivasi berolahraga sepak bola Yaketunis Football Club dalam melakukan kegiatan olahraga muncul dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor intrinsik secara tidak langsung adalah bentuk dari motif biogenesis, namun motif ini mengalami modifikasi seiring pengalaman dan pembelajaran yang diterima oleh para anggota kelompok Yaketunis Football Club. Faktor motivasi secara intrinsik lebih mengarah pada pencapaian prestasi untuk menjaga kekompakan bermain serta semangat dalam bermain tim Yaketunis Football Club. Sedangkan faktor motivasi secara ekstrinsik adanya media serta dukungan lingkungan social yang mendorong ketertarikan para pemain Yaketunis Football Club terhadap permainan sepak bola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Diri, Yaketunis Football Club
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2016 13:33
Last Modified: 28 Jul 2016 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21075

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum