UPAYA MENGATASI KECEMASAN SISWA KELAS IX DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP ISLAM NGADIREJO TEMANGGUNG

BAROZATUL MUNADHIROH, NIM. 10220052 (2016) UPAYA MENGATASI KECEMASAN SISWA KELAS IX DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP ISLAM NGADIREJO TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENGATASI KECEMASAN SISWA KELAS IX DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP ISLAM NGADIREJO TEMANGGUNG)
10220052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENGATASI KECEMASAN SISWA KELAS IX DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP ISLAM NGADIREJO TEMANGGUNG)
10220052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

BAROZATUL MUNADHIROH. ”Upaya Mengatasi Kecemasan Siswa Kelas IX dalam Menghadapi Ujian Nasional Melalui Bimbingan Kelompok di SMP Islam Ngadirejo Temanggung”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Penelitian ini berangkat dari adanya fenomena yang terjadi pada siswa kelas IX di SMP Islam Ngadirejo Temanggung yang cenderung mempunyai kecemasan diri tinggi dalam menghadapi ujian nasional. Sehingga permasalahan yang timbul banyak siswa yang merasa belum siap dalam menghadapi ujian nasional. Akan tetapi usaha yang dilakukan oleh guru BK belum maksimal, karena itu siswa mengikuti kegiatan asrama yang di dalamnya terdapat beberapa kegiatan seperti bimbingan kelompok, bimbingan belajar dan mujahadah untuk menguatkan agama atau spiritualitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan kelompok, dan faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan pada diri siswa kelas IX dalam menghadapi ujian nasional di SMP Islam Ngadirejo Temanggung. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan langsung terhadap obyek yang diteliti (tindakan lapangan) untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan, dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subyek penelitian guru BK, Wali Kelas, Guru Pendamping, Siswa-siswi kelas IX yang ikut serta dalam bimbingan kelompok di SMP Islam Rejosar iNgadirejo Temanggung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan siswa kelas IX dalam menghadapi Ujian Nasional di SMP Islam Ngadirejo Temanggung, faktor kognitif, Ffaktor biologis, faktor sosial dan lingkungan, dan faktor agama. Sedangkan pelaksanaan bimbingan kelompok di SMP Islam Ngadirejo Temanggung yaitu tahap pembentukkan, tahap peralihan, tahap pelaksanaan, dan tahap pengakhiran. Sehingga dengan adanya faktor-faktor kecemasan yang dapat terungkap dari diri siswa dan tahap-tahap dalam kegiatan bimbingan kelompok, maka dapat mengurangi rasa cemas yang ada di diri siswa kelas IX dan siswa menjadi lebih siap dan mantap dalam menghadapi Ujian Nasional di SMP Islam Ngadirejo Temanggung. Adapun faktor faktor pendukung dalam kegiatan bimbingan kelompok yaitu, adanya keinginan siswa untuk menggali dan menyalurkan potensi dan kemampuannya kepada hal-hal yang positif, kesadaran diri siswa kelas IX yang tinggi, ahli yang mendampingi adalah orang-orang yang profesional (guru BK atau Wali guru BK). Sedangkan faktor penghambat dalam kegaiatn bimbingan kelompok yaitu, masih ada beberapa siswa yang mempunyai rasa cemas dalam dirinya yang lumayan tinggi dalam menghadapi ujian nasional, Kurangnya jumlah konselor atau guru BK, di SMP Islam Ngadirejo Temanggung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Said Hasan Basri S.Psi, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Upaya, Kecemasan, Ujian Nasional.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2016 13:42
Last Modified: 28 Jul 2016 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21076

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum