LAYANAN KONSELING INDIVIDU BAGI GELANDANGAN DAN PENGEMIS (GEPENG) DI PANTI SOSIAL BINA KARYA (PSBK) YOGYAKARTA

EMA MIFTAHIYAH NUROHMAH, NIM. 11220059 (2016) LAYANAN KONSELING INDIVIDU BAGI GELANDANGAN DAN PENGEMIS (GEPENG) DI PANTI SOSIAL BINA KARYA (PSBK) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN KONSELING INDIVIDU BAGI GELANDANGAN DAN PENGEMIS (GEPENG) DI PANTI SOSIAL BINA KARYA (PSBK) YOGYAKARTA)
11220059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN KONSELING INDIVIDU BAGI GELANDANGAN DAN PENGEMIS (GEPENG) DI PANTI SOSIAL BINA KARYA (PSBK) YOGYAKARTA)
11220059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)

Abstract

EMA MIFTAHIYAH NUROHMAH, “Layanan Konseling Individual Bagi Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) Di Panti Sosial Bina Karya (PSBK) Yogyakarta”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini, memfokuskan pada proses layanan konseling individu yang bagi gelandnagan dan pengemis (Gepeng) di Panti Sosial Bina Karya (PSBK) Yogyakarta. Gelandangan dan pengemis atau yang lebih akrab didengar dengan sebutan Gepeng itu sendiri adalah seorang yang hidup mengelandang dan sekaligus mengemis tidak mempunyai tempat tinggal tetap sehingga tidak sesuai dengan norma kehidupan yang layak dalam masyarakat. Akhir-akhir ini banyak sekali penertiban gepeng semenjak berlakunya Perda Nomor 1 Tahun 2014 tentang Penangan Gelandangan dan Pengemis sehingga banyak sekali gepeng yang tertangkap. Mereka dibawa ke lembaga yang bernama Camp Asessmen kemudian baru ke PSBK Yogyakarta. Setelah di PSBK Yogyakarta Gepeng diberi kegiatan-kegiatan positif, dan pihak Panti juga memberi bantuan berupa layanan konseling individu bagi Gepeng yang bermasalah. Berdasarkan kenyataan diatas, penelitian ini menjawab sebuah rumusan yaitu bagaimana prosedur pelaksanaan layanan konseling individu bagi genlandangan dan pengemis (Gepeng) di Panti Sosial Bina Karya (PSBK) Yogyakarta? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun narasumber penelitian ini terdiri dari lima orang, yaitu dua Konselor dan tiga Gepeng. Hasil dari penelitian ini, proses pelaksanaan layanan konseling individu bagi gelandangan dan pengemis (gepeng) di Panti Sosial Bina Karya (PSBK) Yogyakarta terdiri dari tiga tahapan. Pertama, tahap awal dari layanan konseling individu ini terdiri dari persiapan awal layanan konseling individu dan mengidentifikasi masalah, kedua, tahap pertengahan berisi tentang mendiskusikan masalah gepeng dan mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah gepeng, dan ketiga, tahap akhir pada tahap ini konselor membuat kesimpulan dari seluruh rangkaian proses layanan konseling individu dan membuat laporan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Casmini, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Individual.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2016 13:54
Last Modified: 28 Jul 2016 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21083

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum