BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TUNARUNGU DI SLB YAPENAS II, SLEMAN, YOGYAKARTA

AKIT TAKFRI DAMA DEWA, NIM. 11220071 (2016) BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TUNARUNGU DI SLB YAPENAS II, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TUNARUNGU DI SLB YAPENAS II, SLEMAN, YOGYAKARTA)
11220071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TUNARUNGU DI SLB YAPENAS II, SLEMAN, YOGYAKARTA)
11220071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)

Abstract

AKIT TAKFRI DAMA DEWA 11220071 “Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Tuna Rungu di SLB Yapenas II, Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta” Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Tujuan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan motivasi berprestasi tunarungu adalah agar siswa tunarungu dapat termotivasi dalam mengembangkan dirinya secara maksiamal mungkin. Sehingga nantinya mampu mengembangkan diri serta berperestasi baik dibidang akademik maupun non akademi. Seperti halnya yang terjadi di SLB Yapenas. Peneitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana proses dan metode Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan motivasi perestasi Siswa Tuna Rungu yang ada di SLB yapenas II Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitaif deskriftif yang dilakukan langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan yaitu dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun subyek pada penelitian ini yaitu guru BK dan pendamping atau pasilitator anak tunarungu. Tahapa pelaksanaannya yaitu dengan menggunakan metode bimbingan dan konseling, baik individu maupun kelompok. Hasil penelitian selama proses bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi berprestasi, menunjukan siswa SLB Yapenas II memilki motivasi dan prestasi yang cukup baik, hal ini bisa dibuktikan dengan prestasi yang dimilki siswa tunarungu, yiatu mampu berperestasi dibidang akademik maupun non akademik ditingkat daerah maupun nasional. Adapun langkah pertama yang dilakukan guru BK dan pendamping atau pasilitator yaitu dengaan menggunakan pendekatan-pendekatan selama satu bulan untuk melakukan asesmen, dan selanjutnya serta melalui konseling individu secara rutin untuk mengetahui perkembangan siswanya..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling, Motivasi Berprestasi.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2016 14:03
Last Modified: 28 Jul 2016 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum