UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI IPS 2 MAN Ngraho Kabupaten Bojonegoro)

M. Bahaudin Gozali NIM. 03410047, (2009) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI IPS 2 MAN Ngraho Kabupaten Bojonegoro). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Ngraho Kabupaten Bojonegoro dengan menggunakan kelas penelitian adalah kelas XI IPS 2. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana berjalannya proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi. Penerapan metode diskusi juga diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar dan penguasaan siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN Ngraho tahun ajaran 2007/2008. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi. Penelitian ini menggunakan dua siklus pembelajaran dengan tiga kali pertemuan. Pada siklus I, terdiri dari dua kali pertemuan, pada siklus II hanya satu kali pertemuan. Metode yang digunakan adalah diskusi debat aktif dan point counterpoint dengan membagi siswa mejadi kelompok kecil pada pertemuan I dan diskusi kelompok besar pada pertemuan II, sementara pada pertemuan ketiga tetap menggunakan metode diskusi kelompok besar. Pada semua kegiatan diskusi, siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil sehingga terjadi pertukaran informasi yang efektif untuk kemudian presentasi kelas setelah diskusi kelompok selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Diskusi dapat diterapkan di kelas XI IPS 2 MAN Ngraho tahun ajaran 2007/2008 pada mata pelajaran Fiqih dengan materi pokok Warisan. Terjadi peningkatan ketrampilan diskusi dan peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada pertemuan kedua, sebanyak 79 % siswa mampu membuat pertanyan meningkat dari 70 % pada pertemuan pertama, demikian juga pada aspek menjawab pertanyan, memberi sanggahan dan menanggapi jawaban pada pertemuan kedua. Pada pertemuan ketiga, ketrampilan diskusi siswa terus mengalami peningkatan yang signifikan. Keempat aspek ketrampilan diskusi yang dikembangkan mendapatkan nilai sempurna sesuai kriteria yang ditetapkan. Selain ketrampilan diskusi, prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan karena mutu proses belajar dapat memicu prestasi belajar. Pada pertemuan pertama nilai rata-rata post test adalah 6,79 meningkat pada pertemuan kedua yaitu menjadi 7,76. Sedangkan pada siklus II, rata-rata tersebut meningkat menjadi 8,52. Hal ini menunjukkan bahwa Metode Diskusi dapat meningkatkan mutu proses dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN Ngraho pada mata pelajaran Fiqih materi pokok Warisan tahun ajaran 2007/2008. Penerapan Metode Diskusi ini juga mendapat tanggapan yang positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Prestasi, Belajar, Siswa, Metode Diskusi, Pembelajaran, Fiqih, Kelas
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum