UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPIT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

LAILY PUJI ASTUTI, NIM. 12220024 (2016) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPIT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPIT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
12220024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPIT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
12220024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)

Abstract

LAILY PUJI ASTUTI. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPIT Masjid Syuhada Yogyakarta. Skripsi. Progam Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Motivasi belajar siswa yang masih kurang merupakan penyebab kurangnya semangat dan motivasi dalam belajar. Guru bimbingan dan konseling sangat berperan penting dalam membantu dan mengarahkan siswa sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui cara guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPIT Masjid Syuhada Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis field research (penelitian lapangan), subyek dalam penelitian adalah guru bimbingan dan konseling, siswa kelas VII B dan kelas VIII A SMPIT masjid Syuhada Yogyakarta. Obyeknya adalah kegiatan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, kemudian dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk tulisan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan 5 cara yaitu: memperjelas tujuan yang ingin dicapai, membangkitkan minat siswa, menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, memberikan penilaian, dan memberi komentar terhadap hasil pekerjaan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S. Ag., M. Si
Uncontrolled Keywords: Upaya guru BK, Meningkatkan Motivasi belajar Siswa.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2016 08:05
Last Modified: 29 Jul 2016 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum