KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA SISWA SMA N 4 YOGYAKARTA

SOLEH ARIYANTO, NIM. 12220025 (2016) KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA SISWA SMA N 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA SISWA SMA N 4 YOGYAKARTA)
12220025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA SISWA SMA N 4 YOGYAKARTA)
12220025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)

Abstract

Soleh Ariyanto. 12220025. Kolaborasi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Badan Narkotika Nasional dalam mencegah penyalahgunaan Narkoba bagi siswa SMA N 4 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Dakwah Dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2016 Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk kerjasama/kolaborasi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Badan Narkotika Nasional dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam mencegah penyalahgunaan Narkoba bagi siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara kritis tentang bentuk kolaborasi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Badan Narkotika Nasional dalam mencegah penyalahgunaan Narkoba serta faktor pendukung dan penghambatnya. Obyek penelitian ini adalah bentuk kolaborasi yang dilakukan oleh guru BK SMA N 4 Yogyakarta dengan Badan Narkotika Nasional Kota Yogyakarta dalam mencegah penyalahgunaan narkoba bagi siswanya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk kolaborasi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Badan Narkotika Nasional dan apa faktor pendukung dan penghambat kolaborasi dalam mencegah penyalahgunaan Narkoba bagi siswa SMA N 4 Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan : 1). Terdapat empat bentuk kolaborasi yang dilakukan Guru Bimbingan dan Konseling dengan Badan Narkotika Nasional yaitu koordinatif, komunikatif, informatif, dan sharing data. 2). Faktor pendukung : Besarnya dukungan dan perhatian dari Kepala SMA N 4 Yogyakarta dalam setiap kegiatan , koordinasi yang baik oleh Guru Bimbingan dan Konseling terhadap Badan Narkotika Nasional dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan, peran aktif dari para siswa SMA N 4 Yogyakarta, dukungan dari orang tua murid yang selalu memberikan izin, adanya kesadaran dari Guru Bimbingan dan Konseling dengan Badan Narkotika Nasional dalam memberikan kegiatan-kegiatan positif terutama dalam mencegah penyalahgunaan Narkoba, adanya Satgas Foranza yang dibentuk oleh Badan Narkotika Nasional dengan Guru Bimbingan dan Konseling. Faktor penghambat : Kurangnya kesadaran dari semua Guru Bimbingan dan Konseling yang ada di SMA N 4 Yogyakarta, koordinasi yang masih kuarng baik antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran, kurangnya kerjasama yang baik dengan masyarakat, nama BNN yang masih menakutkan bagi para siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi guru BK, BNN, Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Siswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2016 08:06
Last Modified: 29 Jul 2016 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum