PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU SISWA KELAS X YANG KESULITAN MEMILIH PEMINATAN DI MAN YOGYAKARTA I

RISKA NOPITA, NIM. 12220040 (2016) PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU SISWA KELAS X YANG KESULITAN MEMILIH PEMINATAN DI MAN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU SISWA KELAS X YANG KESULITAN MEMILIH PEMINATAN DI MAN YOGYAKARTA I)
12220040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU SISWA KELAS X YANG KESULITAN MEMILIH PEMINATAN DI MAN YOGYAKARTA I)
12220040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)

Abstract

RISKA NOPITA, “Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membantu Siswa Kelas X Yang Kesulitan Memilih Peminatan, di MAN Yogyakarta I”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunana Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini dilatar belakangi dari dilaksanakannya peminatan siswa di kelas X, siswa kelas X memperoleh peminatan ketika penerimaan siswa baru dari hasil serangkaian testnya, karena hasil dari serangkaian test ketika penerimaan siswa baru tersebut ada beberapa siswa yang memperoleh peminatan yang bukanlah minat dan bakat/kemampuan yang dimilikinya, siswa tersebut memiliki kesulitan dalam memilih peminatan disebabkan kurangnya ketertarikan/minat dan kemampuan dasar yang dimilikinya, dan siswa yang kurang berbaur/mengakrabkan diri dengan teman sekelasnya, ia merasa tidak nyaman/tidak cocok karena tidak dalam minat dan bakat/kemampuan yang sama serta karena teman-teman dekatnya ditempatkan dipeminatan yang berbeda dengannya. Bimbingan dan konseling berkewajiban membantu siswa kelas X dalam proses mengenal diri, minat, dan bakat/kemampuannya tersebut, sehingga siswa dapat memutuskan pilihan peminatan yang sesuai dengan keadaan/kemampuannya. Penelitian ini tujuannya untuk mendapatkan gambaran mengenai tindakan guru bimbingan dan konseling dalam membantu siswa kelas X kesulitan memilih peminatan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi di MAN 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan teori Milles dan Huberman dengan mereduksi data yang didapat kemudian menyajikan data dengan mendreskripsikan/menguraikan kata dan membuat kesimpulan dari hasil tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan guru bimbingan dan konseling dalam membantu siswa kelas X yang kesulitan memilih peminatan adalah sebagai korektor, sebagai inspirator, sebagai informator, sebagai motivator, sebagai fasilitator, dan sebagai evaluator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M. Si
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru Bimbingan dan Konseling, Kesulitan Memilih peminatan.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2016 09:30
Last Modified: 29 Jul 2016 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum