BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

MUSTIKA KINASIH, NIM. 12220056 (2016) BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12220056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12220056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)

Abstract

MUSTIKA KINASIH, “Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta”. Skripsi: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi di SMP Negeri 5 Yogyakarta yang menunjukkan bahwa terdapat kelas yaitu kelas VIII 1 yang mempunyai kemampuan intreraksi sosial dalam bentuk kerja sama yang masih kurang dibandingkan dengan kelas lainnya. Melalui bimbingan kelompok yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat interaksi sosial siswa kelas VIII 1 dapat ditingkatkan. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk-bentuk bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa, yaitu interaksi sosial antara siswa dengan siswa yang duduk di kelas VIII 1 pada tahun ajaran 2015-2016 di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif, dimana penulis berusaha memperoleh data sesuai dengan gambaran, keadaan, realita, dan fenomena yang diselidiki. Subjek penelitian ini adalah Guru bimbingan dan konseling, wali kelas VIII 1, serta 6 siswa sebagai perwakilan kelas VIII 1 tahun pelajaran 2015-2016 di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini menguraikan hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta, yaitu: pertama, kegiatan kelompok yang meliputi tahap awal, tahap perencanaan kegiatan, tahap pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi dan tindak lanjut. Kedua, diskusi kelompok yang meliputi tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap pelaksanaan, dan tahap pengakhiran. Ketiga, sosiodrama yang meliputi tahap awal, tahap perencanaan kegiatan, tahap pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi dan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abror Sodik, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial Siswa.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2016 09:41
Last Modified: 29 Jul 2016 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum