BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK TUNAGRAHITA SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

DEA NURKOMALASARI, NIM. 12220080 (2016) BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK TUNAGRAHITA SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK TUNAGRAHITA SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
12220080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK TUNAGRAHITA SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
12220080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)

Abstract

Dea Nurkomalasari. Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Tunagrahita SLB Negeri Pembina, Yogyakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa anak tunagrahita sebagai anak yang memiliki keterbatasan kecerdasan yang berbeda dengan anak normal pada umumnya untuk mengurus diri sendiripun banyak yang belum mampu. Tetapi pada dasarnya anak tunagrahita memiliki kewajiban yang sama dengan anak normal lainnya yaitu belajar karena mereka masih sama yaitu sebagai makhluk Allah SWT yang memiliki akal walaupun ada keterbatasan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh bagaimana metode bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemandirian belajar anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemandirian belajar anak tunagrahita SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kulaitatif, dengan mengambil tempat penelitian di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini yaitu koordinator BK dan guru kelas, Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta metode analisis yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan kesimpulan data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan: metode bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemandirian belajar anak tunagrahita SLB Negeri Pembina Yogyakarta menggunakan metode bimbingan kelompok secara langsung yang digolongkan menjadi tiga metode yaitu, metode ceramah, metode tanya jawab dan metode eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: dan konseling, kemandirian belajar, anak tunagrahita.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2016 10:14
Last Modified: 29 Jul 2016 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21135

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum