APLIKASI BIMBINGAN SHALAT PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA

AIZZATUL AFWAH, NIM. 12220087 (2016) APLIKASI BIMBINGAN SHALAT PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI BIMBINGAN SHALAT PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA)
12220087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI BIMBINGAN SHALAT PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA)
12220087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)

Abstract

Aizzatul Afwah, Aplikasi Bimbingan Shalat pada Anak Tunagrahita di SLB N Pembina Yogyakarta. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Shalat merupakan salah satu kewajiban bagi kaum muslimin yang sudah mukallaf baik orang yang mukim maupun dalam perjalanan, dan juga wajib bagi orang sehat maupun sakit. tentunya apabila anak tunagrahita beragama islam, maka mereka memiliki kewajiaban shalat seperti halnya anak normal, tetapi pada kenyataanya anak tunagrahita sangat sulit diterapkan, untuk menyeimbangkan antara idealita dan realita, salah satunya dengan aplikasi bimbingan shalat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem apa saja yang dialami oleh pembimbing dalam mengaplikasikan bimbingan shalat dan mengetahui langkahlangkah pembimbing dalam membimbing shalat anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SLB N Pembina Yogyakarta. Metode pengumpulan data di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pembimbing atau guru keagamaan di SLB N Pembina Yogyakarta. Analisa data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang di peroleh, kemudian di olah dan di analisis sehingga dapat di tarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat suatu problem yang dialami oleh guru keagamaan dalam membimbing shalat, dengan adanya problem tersebut guru keagamaan di SLB N Pembina Yogyakarta menerapkan langkah-langkah dalam bimbingan shalat. Dari adanya langkah-langkah dilakukan oleh guru atau pembimbing di SLB N Pembina Yogyakarta tersebut, menghasilkan suatu bimbingan yang baik, khususnya bimbingan shalat. Anak tunagrahita di SLB N Pembina Yogyakarta sudah banyak yang bisa melakukan shalat, walaupun mereka tidak sesempurna shalatnya orang normal, tetapi setidaknya mereka dapat melakukan shalat dengan pembiasaan yang lakukan oleh guru di SLB N Pembina Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Casmini, M. Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Shalat, Anak Tunagrahita
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2016 13:14
Last Modified: 29 Jul 2016 13:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21159

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum