MANAJEMEN KURIKULUM TAḤSĪN AL-QUR`ĀN (Studi Kasus Pada Pengembangan Kepribadian Dan Taḥsīn al-Qur`ān Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Periode 2015)

AFIF SALIM FUAD, NIM. 12490004 (2016) MANAJEMEN KURIKULUM TAḤSĪN AL-QUR`ĀN (Studi Kasus Pada Pengembangan Kepribadian Dan Taḥsīn al-Qur`ān Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Periode 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM TAḤSĪN AL-QUR`ĀN (Studi Kasus Pada Pengembangan Kepribadian Dan Taḥsīn al-Qur`ān Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Periode 2015))
12490004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM TAḤSĪN AL-QUR`ĀN (Studi Kasus Pada Pengembangan Kepribadian Dan Taḥsīn al-Qur`ān Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Periode 2015))
12490004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa PKTQ memiliki peranan yang besar dalam memperbaiki bacaan Al-Qur`ān mahasiswa FITK. Adapun dalam pelaksananaannya terdapat permasalahan dalam manajemen kurikulumnya, khususnya dalam hal implementasi kurikulum Taḥsīn al-Qur`ān. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis terkait bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum Taḥsīn al-Qur`ān PKTQ 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar PKTQ FITK periode 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan diverifikasi setelah itu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan kurikulum Taḥsīn al-Qur`ān dilakukan dengan menyusun tujuan dan sasaran program, menyusun materi dan metode, dan menyusun modul pembelajaran. (2) pengorganisasian kurikulum Taḥsīn al-Qur`ān dilakukan dengan menyusun silabus, menyusun panduan pembelajaran, dan menyusun master system kegiatan PKTQ 2015. (3) Pelaksanaan kurikulum Taḥsīn al-Qur`ān diawali dengan melakukan rekrutmen asisten, selanjutnya melakukan placement test peserta, melaksanakan Taḥsīn al- Qur`ān sesuai dengan silabus yang ada, dan melaksanakan ujian sertifikasi. (4) Hasil dari program Taḥsīn al-Qur`ān secara keseluruhan menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an pada mahasiswa, namun penilaian kurikulum Taḥsīn al-Qur`ān yang dilakukan pengurus PKTQ belum mencakup penilaian terhadap komponen kurikulum yang lain seperti tujuan, materi, metode, media dan pelaksanaan Taḥsīn al-Qur`ān itu sendiri. Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Taḥsīn al-Qur`ān, PKTQ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Taḥsīn al-Qur`ān, PKTQ.
Subjects: Ilmu Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Sep 2016 09:04
Last Modified: 23 Sep 2016 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum