DESAIN KOMUNIKASI KAOS JOGJA DISTRO MUSLIM

NOVI ANGGRAINI, NIM. 12210140 (2016) DESAIN KOMUNIKASI KAOS JOGJA DISTRO MUSLIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DESAIN KOMUNIKASI KAOS JOGJA DISTRO MUSLIM)
12210140_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (32MB) | Preview
[img] Text (DESAIN KOMUNIKASI KAOS JOGJA DISTRO MUSLIM)
12210140_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi telah mengalami kemajuan yang begitu pesat dengan canggihnya industri media informasi dan komunikasi. Melalui teknologi tersebut manusia memperoleh segala informasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, pemanfaatan desain komunikasi dengan media baru sangat diperlukan agar manusia tidak terperdaya oleh perkembangan teknologi yang terkadang dapat merusak pikiran manusia dan menghilangkan nilai-nilai Islam. Desain grafis menjadi salah satu media baru yang mengambil peran penting dalam menyebarkan pesan komunikasi yang menarik dan mudah diterima oleh khalayak. Jogja Distro Muslim merupakan Islamic Clothing yang menggabungkan antara art design, ideology, creativity, and dakwah media dalam kemasan t-shirt. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles and Huberman. Dalam hal ini yang dikaji adalah desain komunikasi dalam kaos Jogja distro muslim. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara dengan pisau analisis datanya adalah prinsip desain komunikasi visual yaitu prinsip kesatuan dan keseimbangan dalam lima elemen-elemen desain komunikasi visual seperti garis, bidang, warna, tipografi dan simbolisme yang kemudian dikaitkan dengan komponen-komponen komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain komunikasi dalam kaos Jogja Distro Muslim terbentuk dari proses penyampaian pesan, pola pikir, emosi dan sebagainya dengan menggunakan lambang (symbol), kata, warna yang menyatu dalam sebuah desain grafis berkomunikasikan dakwah. Penyampaian pesan yang menggunakan keindahan bahasa visual grafis disesuaikan dengan segmentasi sasaran khalayak yaitu remaja laki-laki. Secara keseluruhan Jogja Distro Muslim telah melakukan komunikasi dengan baik. Desain grafis pada t-shirt merupakan media yang dipilih untuk mencapai target penyampaian pesan yang mampu menarik dan membuat khalayak berkeinginan untuk selalu memperbaiki dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nanang Mizwar H, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kaos Dakwah, Desain Komunikasi Visual, Pesan Dakwah
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:18
Last Modified: 01 Aug 2016 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21200

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum