PENGARUH MENONTON TAYANGAN ACARA “HAFIZ INDONESIA” DI RCTI TERHADAP MINAT MENGHAFAL AL-QURAN SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR ISLAM KOTA BLITAR

FEBRINA EKA SETYAWATI, NIM. 12210128 (2016) PENGARUH MENONTON TAYANGAN ACARA “HAFIZ INDONESIA” DI RCTI TERHADAP MINAT MENGHAFAL AL-QURAN SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR ISLAM KOTA BLITAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENONTON TAYANGAN ACARA “HAFIZ INDONESIA” DI RCTI TERHADAP MINAT MENGHAFAL AL-QURAN SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR ISLAM KOTA BLITAR)
12210128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (46MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENONTON TAYANGAN ACARA “HAFIZ INDONESIA” DI RCTI TERHADAP MINAT MENGHAFAL AL-QURAN SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR ISLAM KOTA BLITAR)
12210128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Televisi yang bersifat audio visual memiliki dampak besar terhadap pemirsanya.Tayangan televisi seharusnya tidak hanya menyajikan tayangan yang bersifat hiburan semata, namun juga sebagai media pendidikan. Salah satu tayangan yang bisa mendidik dan efektif sebagai media pembelajaran tentang agama khususnya tentang membaca dan menghafal Al-quran yaitu acara ajang pencarian bakat Hafiz Indonesia di RCTI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menonton tayangan acara Hafiz Indonesia terhadap minat menghafal Al-quran siswa-siswi Sekolah Dasar Islam Kota Blitar. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori minat, intensitas menonton, dan teori efek moderat. Uji validitas menggunakan validitas konstruk dengan perhitungan menggunakan rumus product moment. Uji reliabilitas menggunakan teknik belah dua dengan menggunakan rumus Spearman Brown. Uji validitas dan reliabilitas dihitung menggunakan Ms.Excel. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Jumlah sampelnya 96, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratifikasi dan klaster. Analisis data menggunakan analisis non parametrik dengan menggunakan rumus chi square atau chi kuadrat dan juga koefisien kontingensi dengan perhitungan manual. Pengaruh menonton tayangan acara Hafiz Indonesia terhadap minat menghafal Al-quran paling banyak masuk dalam kategori tingkat menonton sedang dan minat menghafalnyapun sedang terdapat 37 responden dari 96 responden dari hasil pengolahan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh chi kuadrat sebesar 35,12 dengan dk=4, dan tingkat probabilitas yang dipilih adalah 0,05. Dapat dilihat pada tabel distribusi chi kuadrat hasilnya 9,488. 35,129,488 maka hubunganya dinyatakan signifikan. Dengan demikian maka terdapat pengaruh yang signifikan antara menonton tayangan Hafiz Indonesia terhadap minat menghafal Al-quran siswa-siswi SDI Kota Blitar. Berdasarkan perhitungan koefisien kontingensi didapat hasil sebesar 0,518 maka hubungan antara dua variable dianggap cukup erat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Rozak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: :Menonton Tayangana Acara Hafiz Indonesia, Minat Menghafal Al-quran
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:21
Last Modified: 01 Aug 2016 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21202

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum