ANALISIS PENGARUH DIVIDEN DAN ALIRAN KAS BEBAS TERHADAP LEVERAGE PERUSAHAAN DENGAN MODERASI SET KESEMPATAN INVESTASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2010-2014

TIARA LYLIAN DARADIMA, NIM. 12390016 (2016) ANALISIS PENGARUH DIVIDEN DAN ALIRAN KAS BEBAS TERHADAP LEVERAGE PERUSAHAAN DENGAN MODERASI SET KESEMPATAN INVESTASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2010-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH DIVIDEN DAN ALIRAN KAS BEBAS TERHADAP LEVERAGE PERUSAHAAN DENGAN MODERASI SET KESEMPATAN INVESTASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2010-2014)
12390016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH DIVIDEN DAN ALIRAN KAS BEBAS TERHADAP LEVERAGE PERUSAHAAN DENGAN MODERASI SET KESEMPATAN INVESTASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2010-2014)
12390016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Konflik keagenan dalam perusahaan adalah hal yang masih sering terjadi, ada dua fenomena keagenan yang terjadi di Indonesia, yaitu konflik antara Hary Tanoe dengan Tutut Soeharto dan adanya masalah pembagian dividen pada PT. Freeport Indonesia. Untuk meminimalkan kasus keagenan ini, maka dibutuhkan pengawasan dterhadap pihak manajemen, pengawasan terhadap pihak manajemen dapat dilakukan dengan pengawasan hutang atau pengawasan dividen. Penelitian ini menguji mengenai hubungan antara Dividen dan Aliran Kas Bebas terhadap Leverage Perusahaan dengan Moderasi Set Kesempatan Investasi. Ada beberapa teori yang digunakan dalam penelitian ini, teori agensi, teori residual, teori signaling, teori balancing, teori laba dalam Islam, teori hutang dalam Islam, dan teori Investasi dalam Islam. Konflik agensi yang dapat diminimalisir dengan adanya hutang pada pihak ketiga. Teori residual yang menjelaskan mengenai kenaikan dividen berkaitan dengan penurunan investasi dan balancing theory yang menjelaskan bahwa hutang dapat digunakan sebagai penambah modal perusahaan. Teori keislaman digunakan agar tindakan manajer tidak menyimpang dari pandangan ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan Earning Price Ratio sebagai proksi Set Kesempatan Investasi, proksi Debt to Asset Ratio untuk menghitung Leverage Perusahaa, dan menggunakan Dividen Payout Ratio sebagai proksi Dividen. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dari 30 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index setiap periodenya, dimulai dari tahun 2010-2014. Hasil penelitian membuktikan bahwa dividen dan Aliran Kas Bebas berpengaruh negatif signifikan terhadap Leverage Perusahaan dan Set Kesempatan Investasi bukan merupakan variabel pemoderasi antara hubungan Dividen dan Aliran Kas Bebas terhadap Leverage perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. IBNU QIZAM, S.E., M.Si., Ak., CA.
Uncontrolled Keywords: Konflik keagenan dalam perusahaan adalah hal yang masih sering terjadi, ada dua fenomena keagenan yang terjadi di Indonesia, yaitu konflik antara Hary Tanoe dengan Tutut Soeharto dan adanya masalah pembagian dividen pada PT. Freeport Indonesia. Untuk meminimalkan kasus keagenan ini, maka dibutuhkan pengawasan dterhadap pihak manajemen, pengawasan terhadap pihak manajemen dapat dilakukan dengan pengawasan hutang atau pengawasan dividen. Penelitian ini menguji mengenai hubungan antara Dividen dan Aliran Kas Bebas terhadap Leverage Perusahaan dengan Moderasi Set Kesempatan Investasi. Ada beberapa teori yang digunakan dalam penelitian ini, teori agensi, teori residual, teori signaling, teori balancing, teori laba dalam Islam, teori hutang dalam Islam, dan teori Investasi dalam Islam. Konflik agensi yang dapat diminimalisir dengan adanya hutang pada pihak ketiga. Teori residual yang menjelaskan mengenai kenaikan dividen berkaitan dengan penurunan investasi dan balancing theory yang menjelaskan bahwa hutang dapat digunakan sebagai penambah modal perusahaan. Teori keislaman digunakan agar tindakan manajer tidak menyimpang dari pandangan ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan Earning Price Ratio sebagai proksi Set Kesempatan Investasi, proksi Debt to Asset Ratio untuk menghitung Leverage Perusahaa, dan menggunakan Dividen Payout Ratio sebagai proksi Dividen. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dari 30 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index setiap periodenya, dimulai dari tahun 2010-2014. Hasil penelitian membuktikan bahwa dividen dan Aliran Kas Bebas berpengaruh negatif signifikan terhadap Leverage Perusahaan dan Set Kesempatan Investasi bukan merupakan variabel pemoderasi antara hubungan Dividen dan Aliran Kas Bebas terhadap Leverage perusahaan.
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 01 Aug 2016 11:57
Last Modified: 01 Aug 2016 11:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum