PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs NEGERI DONOMULYO KULON PROGO YOGYAKARTA

NUR AFIFAH MASRUROH, NIM: 12490042 (2016) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs NEGERI DONOMULYO KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs NEGERI DONOMULYO KULON PROGO YOGYAKARTA)
12490042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs NEGERI DONOMULYO KULON PROGO YOGYAKARTA)
12490042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari kondisi guru yang berbeda-beda di MTs Negeri Donomulyo yang berpengaruh pada kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menimbulkan ketertarikan peneliti untuk melihat lebih jauh tentang peran kepala madrasah yang bertindak sebagai supervisor akademik untuk meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Donomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep supervisi akademik yang dikembangkan di MTs Negeri Donomulyo, bentuk-bentuk program kegiatan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru, dan hasil supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Donomulyo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi nonpartisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep supervisi akademik yang dikembangkan di MTs Negeri Donomulyo menggunakan konsep asistensi, yaitu selain kepala madrasah yang bertindak sebagai supervisor akademik, ada juga guru-guru senior yang ditunjuk sebagai supervisor yang membantu kepala madrasah dalam pelaksanaan supervisi akademik. (2) Bentuk-bentuk program kegiatan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru adalah dengan melakukan pembinaan dan pelatihan melalui teknik-teknik supervisi akademik yang meliputi teknik individu dan teknik kelompok. (3) Pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Donomulyo sudah berjalan dengan baik. Dalam pelaksanaan ini terdapat faktor pendukung berupa semangat supervisor dan guru, perencanaan supervisi akademik yang matang, kesiapan, kesadaran, dan kerja sama antara supervisor dan guru. Sedangkan faktor penghambat berupa terbatasnya waktu, beban kerja, bentuk asistensi yang kurang maksimal, ketidaksesuaian RPP dengan kondisi mengajar, beban mental, proses pembelajaran yang tidak alamiah, dan guru masih mengajar dengan metode lama. Pelaksanaan supervisi akademik di MTs Negeri Donomulyo mampu meningkatkan kinerja guru di madrasah tersebut. Berkaitan dengan kinerja guru terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu berupa faktor internal meliputi kedisiplinan, motivasi untuk terus memperbaiki cara mengajar, semangat kerja, etika, kualifikasi, dan ketrampilan. Sedangkan faktor eksternal berkaitan dengan sarana prasarana, lingkungan, dan peluang meningkatkan potensi. Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi upaya mengarahkan yang meliputi sikap memotivasi, memberikan semangat, dan keteladanan serta upaya membimbing yaitu memberikan solusi, bantuan, dan pembinaan serta pelatihan. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. M. Jamroh, M.Si
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2016 08:22
Last Modified: 16 Sep 2016 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21228

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum