MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN NONFORMAL ‘SANGGAR FORNAMA’ DI SALAM MAGELANG DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILLS ANAK ANGKATAN VIII TAHUN 2015/2016

ZULFATU MUNIROH, NIM.12490043 (2016) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN NONFORMAL ‘SANGGAR FORNAMA’ DI SALAM MAGELANG DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILLS ANAK ANGKATAN VIII TAHUN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN NONFORMAL ‘SANGGAR FORNAMA’ DI SALAM MAGELANG DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILLS ANAK ANGKATAN VIII TAHUN 2015/2016)
12490043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN NONFORMAL ‘SANGGAR FORNAMA’ DI SALAM MAGELANG DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILLS ANAK ANGKATAN VIII TAHUN 2015/2016)
12490043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap penyelenggaraan dan sistem pembelajaran di ‘Sanggar Fornama’ yang menganalisis manajemen kurikulum yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi yang digunakan dalam meningkatkan life skills anak di ‘Sanggar Fornama’ Salam Magelang pada angkatan VIII tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan teknik analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi (partisipatif dan tak berstruktur), wawancara (terstruktur dan tidak terstruktur), dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dengan teknik sumber. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penyelenggaraan pendidikan di ‘Sanggar Fornama’ menerapkan sistem PKBM, dengan sasaran semua masyarakat dan sistem pembelajarannya berbasis ketrampilan hidup. (2) Manajemen Kurikulum yang diterapkan pada angkatan ke VIII ini memuat beberapa komponen, (a) Perencanaan kurikulum berupa isi, proses evaluasi dan kompetensi lulusan, (b) Pengorganisasian kurikulum dengan Integrated Curriculum dan Broad Fields Curriculum, (c) Pelaksanaan kurikulum yang memuat proses. Struktur kurikulum terdiri dari ketrampilan fungsional, sikap dan kepribadian professional, jiwa wirausaha dan kompetensi pada bidang tertentu (d) Evaluasi kurikulum dilaksanakan secara mingguan dan semester. (3) Hasil manajemen kurikulum untuk meningkatkan life skills terlihat pada beberapa beberapa bagian, diantaranya adalah: (a) Kecakapan personal seperti pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah belajar. (b) Kecakapan hidup sosial dengan pembiasaan sopan santun. (c) Kecakapan akademik terlihat dengan nilai akademik yang meningkat dan lebih cepat faham dari teman lainnya di sekolah asalnya. (d) Kecakapan vokasional terlihat dengan siswa bisa membuat hiasan dinding batik untuk rumahnya. (e) Environmental skills adalah dengan pembiasaan menjaga lingkungan (tumbuhan) dengan tidak membuang sampah dan limbah sembarangan. Kata Kunci : Pendidikan Nonformal, Manajemen Kurikulum, Life Skills

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin, M.SI.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Nonformal, Manajemen Kurikulum, Life Skills
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:11
Last Modified: 26 Sep 2016 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum