MANAJEMEN PEMBINAAN USTADZ UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

AGUS MIFTAHILLAH, NIM: 12490046 (2016) MANAJEMEN PEMBINAAN USTADZ UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBINAAN USTADZ UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
12490046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBINAAN USTADZ UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
12490046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari sistem pendidikan di pesantren tidak dapat berjalan tanpa adanya pendidik/ustadz yang berkualitas. Kualitas seorang ustadz di pesantren tidak akan meningkat tanpa adanya bimbingan dari pengelola pendidikan di pesantren tersebut. Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan program bimbingan untuk meningkatkan kualitas ustadz yang ada di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta melalui kegiatan pembinaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode yang dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pembinaan ustadz di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah ditinjau dari manajerialnya telah sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen yang ada yakni perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (Actuating) dan pengendalian (controlling), yang keempat fungsi tersebut telah dimaksimalkan oleh Dewan Pendidikan dan panitia pembinaan dengan tujuan terlaksananya pembinaan Ustadz yang efektif dan efisien. 2) Dalam penyelenggaraan pembinaan ustadz, Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah dalam hal ini adalah Dewan Pendidikan menemukan beberapa kendala yang menghambat dalam tercapainya tujuan pembinaan tersebut. Kendala ini meliputi dari sarana yang kurang memadai serta kondisi ustadz dan kondisi Dewan Pendidikan yang mempunyai banyak kegiatan di luar. Tetapi walaupun masih ada beberapa kendala yang menjadi pekerjaan rumah bagi Dewan Pendidikan, kegiatan pembinaan ustadz ini juga memiliki beberapa faktor pendukung yakni dukungan dari Dewan Masyayikh dan kondisi ustadz yang telah lama berinteraksi dengan sistem pendidikan pesantren. 2) Hasil dari pembinaan itu sendiri bisa dilihat dari pelanggaran yang dilakukan santri dan ustadz semakin tahun semakin menurun serta prestasi yang dicapai santri dalam perlombaan terus meningkat setiap tahun. Kata kunci : Manajemen, Pembinaan Ustadz, Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, MAg.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembinaan Ustadz, Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2016 10:44
Last Modified: 21 Sep 2016 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21242

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum