FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI MARGIN MURABAHAH BANK SYARIAH DI INDONESIA

FEBRI HARYANTI, NIM. 12820040 (2016) FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI MARGIN MURABAHAH BANK SYARIAH DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI MARGIN MURABAHAH BANK SYARIAH DI INDONESIA)
12820040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI MARGIN MURABAHAH BANK SYARIAH DI INDONESIA)
12820040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Margin murabahah merupakan tingkat keuntungan yang diperoleh bank syariah dari kegiatan penyaluran dana yaitu pembiayaan murabahah. Saat ini tidak ada rumus atau ketentuan baku mengenai perhitungan tingkat margin murabahah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi margin murabahah bank syariah Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang berasal dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). Faktor internal sebagai variabel independen yaitu volume Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO). Faktor eksternal sebagai variabel independen yaitu BI Rate dan inflasi. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda menggunakan software Eviews 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel volume DPK, NPF, BOPO, BI rate dan inflasi berpengaruh signifikan terhadap margin murabahah. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa volume DPK, BOPO dan inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap margin murabahah. Sementara BI Rate berpengaruh positif signifikan dan NPF tidak berpengaruh signifikan terhadap margin murabahah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Setyono, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Margin Murabahah, Volume Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), BI Rate, Inflasi
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Aug 2016 14:49
Last Modified: 01 Aug 2016 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21246

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum