ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH BERDASARKAN METODE CAMEL DAN RGEC (STUDI KASUS PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK. PERIODE TAHUN 2012-2014)

RISA AYU NIDA’UL HIKMAH, NIM. 12820048 (2016) ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH BERDASARKAN METODE CAMEL DAN RGEC (STUDI KASUS PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK. PERIODE TAHUN 2012-2014). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH BERDASARKAN METODE CAMEL DAN RGEC (STUDI KASUS PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK. PERIODE TAHUN 2012-2014))
12820048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH BERDASARKAN METODE CAMEL DAN RGEC (STUDI KASUS PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK. PERIODE TAHUN 2012-2014))
12820048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode penilaian kesehatan bank mengalami perkembangan, metode yang biasa dilakukan adalah metode CAMEL namun terjadi pembaharuan dari metode tersebut pada tahun 2011 yakni dengan metode RGEC. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesehatan Bank Muamalat dengan menggunakan metode CAMEL dan RGEC pada periode 2012-2014. Tingkat kesehatan bank diukur melalui beberapa rasio keuangan. Rasio-rasio tersebut antara lain CAR, NPA, NPM, ROA, ROE, NIM, BOPO, FDR, NPF, dan FACR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah laporan keuangan Bank Muamalat. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Bank Muamalat pada periode 2012-2014. Teknik analisis yang digunakan adalah metode CAMEL dan RGEC dengan menentukan tingkat kesehatan suatu bank yang digolongkan menjadi peringkat kesehatan bank. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Muamalat dengan menggunakan metode CAMEL dan RGEC ini menunjukkan predikat kesehatan bank tersebut sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia. Pada periode tahun 2012-2014 rasio keuangan Bank Muamalat mengalami fluktuasi sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan tingkat kesehatan bank terutama pada metode CAMEL dilihat dari faktor Manajemen, Earning dan pada metode RGEC juga terjadi penurunan tingkat kesehatan bank didnilai dari segi profil risiko, GCG dan Earning. Sehingga kinerja Bank Muamalat harus lebih ditingkatkan terutama dari segi manajemen, rentabilitas dan profil risiko agar tingkat kesehatan bank baik. Dengan menjaga tingkat kesehatan bank, bank dapat meningkatkan kemampuan aset, pengelolaan modal, serta pendapatan operasional, sehingga kualitas laba bank dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Kurnia Rahman Abadi, S.E., M.M.
Uncontrolled Keywords: Tingkat kesehatan bank, Metode CAMEL, Metode RGEC
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Aug 2016 14:59
Last Modified: 01 Aug 2016 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum