MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH TAḤFĪẒ BERBASIS PESANTREN STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDHUL QUR’AN TASYWIQUT THULLAB SALAFIYAH (MITQ TBS) KUDUS JAWA TENGAH

NAWA HUSNA, NIM: 12490057 (2016) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH TAḤFĪẒ BERBASIS PESANTREN STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDHUL QUR’AN TASYWIQUT THULLAB SALAFIYAH (MITQ TBS) KUDUS JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH TAḤFĪẒ BERBASIS PESANTREN STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDHUL QUR’AN TASYWIQUT THULLAB SALAFIYAH (MITQ TBS) KUDUS JAWA TENGAH)
12490057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH TAḤFĪẒ BERBASIS PESANTREN STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDHUL QUR’AN TASYWIQUT THULLAB SALAFIYAH (MITQ TBS) KUDUS JAWA TENGAH)
12490057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap manajemen pengembangan kurikulum di madrasah taḥfiẓ yang berbasis pesantren. Ketertarikan peneliti terhadap pengembangan kurikulum di MI Tahfidhul Qur’an Tasywiqut Thullab Salafiyah (MITQ TBS) Kudus cukup berdasar karena madrasah tingkat dasar ini menerapkan sistem taḥfiẓul Qur’ān 30 juz. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui lebih mendalam mengenai konsep madrasah taḥfiẓ berbasis pesantren dengan sistem taḥfiẓul Qur’ān 30 juz di MITQ TBS Kudus Jawa Tengah, dan (2) untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pengembangan kurikulum madrasah taḥfiẓ berbasis pesantren yang meliputi kegiatan pengembangan diagnosis kebutuhan, pengembangan tujuan pendidikan, pengembangan isi (kurikulum), pengembangan pengalaman belajar, serta pengembangan evaluasi kurikulum di MITQ TBS Kudus Jawa Tengah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui non-participant observation, in-depth interview dan documentation. Analisis data melalui data reduction, data display, serta memberikan verification (kesimpulan). Teknik penentuan validitas dan keabsahan data dengan cara (1) triangulasi teknik dan (2) triangulasi sumber. Fokus penelitian mengenai pelaksanaan manajemen pengembangan kurikulum madrasah taḥfiẓ berbasis pesantren di MITQ TBS Kudus Jawa Tengah. Hasil penelitian: (1) Konsep madrasah taḥfiẓ berbasis pesantren di MITQ TBS Kudus Jawa Tengah menekankan pada alokasi waktu taḥfiẓul Qur’ān dengan porsi lebih yaitu 48 jam perminggu untuk mencapai taḥfiẓul Qur’ān 30 juz. Perubahan dari sistem salaf menjadi sistem taḥfiẓ di MITQ TBS Kudus Jawa Tengah sebagai madrasah berbasis pesantren selain untuk pengembangan sayap pesantren menuju pendidikan formal tanpa menghilangkan keunggulan taḥfiẓ 30 juz yang terlebih dahulu ada di PTYQA (Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Anak-Anak) juga karena sudah tidak relevannya sistem salaf dengan tujuan MITQ TBS Kudus Jawa Tengah. (2) Manajemen pengembangan kurikulum madrasah taḥfiẓ berbasis pesantren di MITQ TBS Kudus Jawa Tengah meliputi: pengembangan diagnosis kebutuhan, pengembangan tujuan pendidikan, pengembangan kurikulum KTSP, kurikulum Kementerian Agama dan kurikulum muatan lokal (pesantren), pengembangan pengalaman belajar, dan pengembangan evaluasi kuriulum. Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Madrasah Taḥfiẓ, Pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin, S.Pd.I., M.SI,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Madrasah Taḥfiẓ, Pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Oct 2016 08:17
Last Modified: 14 Oct 2016 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21283

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum