PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DISERTAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI

ISTIQOMAH DWI A, NIM. 11680014 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DISERTAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DISERTAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI)
11680014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DISERTAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI)
11680014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterlaksanaan penerapan model Guided Note Taking disertai media interaktif, 2) mengetahui bagaimanakah peningkatan keaktifan belajar biologi dengan menerapkan model Guided Note Taking disertai media interaktif, dan 3) mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar biologi pada aspek kognitif dan afektif dengan menerapkan model Guided Note Taking disertai media interaktif pada siswa kelas XI IPA MA Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru biologi. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas XI IPA. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Tindakan siklus I dengan menerapkan model Direct Instruction (DI), kemudian siklus II dengan menerapkan model Guided Note Taking dan siklus III menerapkan model Guided Note Taking disertai media interaktif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Sementara teknik analisis data menggunakan effect size dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi penelitian, diperoleh skor rata-rata indikator keaktifan mengalami peningkatan, yaitu siklus I sebesar 51,5% (cukup baik), siklus II sebesar 65,8% (baik), dan siklus III sebesar 72,8% (baik). Sementara hasil belajar kognitif siswa selalu terdapat peningkatan nilai post-test siswa pada tiap siklus. Adapun hasil peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat diketahui dari nilai effect size antara siklus I-II sebesar 0,8 dengan kategori efek besar, sementara effect size antara siklus II-III sebesar 0,5 dengan kategori efek sedang. Sedangkan, hasil analisis lembar angket, diperoleh skor rata-rata indikator pada tiap siklus mengalami peningkatan, yaitu siklus I sebesar 66% (baik), siklus II sebesar 74,3% (baik), dan siklus III sebesar 81% (sangat baik). Kesimpulan penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan model Guided Note Taking disertai media interaktif dapat diterapkan dengan baik sampai tiga siklus, 2) peningkatan keaktifan belajar siswa meningkat pada tiap siklus, dan 3) peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif dan aspek afektif siswa meningkat pada tiap siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Guided Note Taking, hasil belajar, keaktifan, media interaktif
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Aug 2016 10:04
Last Modified: 02 Aug 2016 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21290

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum