PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA MATERI SUHU, PEMUAIAN DAN KALOR UNTUK SMP/MTS KELAS VII

DWI MUTMAINAH, NIM. 12690017 (2016) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA MATERI SUHU, PEMUAIAN DAN KALOR UNTUK SMP/MTS KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA MATERI SUHU, PEMUAIAN DAN KALOR UNTUK SMP/MTS KELAS VII)
12690017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA MATERI SUHU, PEMUAIAN DAN KALOR UNTUK SMP/MTS KELAS VII)
12690017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan panduan praktikum fisika materi suhu, pemuaian dan kalor untuk SMP/MTs kelas VII (2) mengetahui kualitas panduan praktikum fisika materi suhu, pemuaian dan kalor untuk SMP/MTs kelas VII (3) mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan produk panduan praktikum fisika materi suhu, pemuaian dan kalor untuk SMP/MTs kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian Research and development (R&D). Pengembangan dilaukan dengan mengacu pada model prosedural. Prosedur penelitian pengemabangan ini berdasarkan model 4-D yang meliputi 4 langkah utama yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Dissaminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap Develop pada langkah uji pengembangan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, angket respon peserta didik dan lembar keterlaksanaan produk. Penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dengan 4 skala yang dibuat dalam bentuk cheklist. Penilaian kualitas produk untuk peserta didik menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk cheklist. Sedangkan keterlaksanaan produk menggunakan lembar deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah panduan praktikum fisika materi suhu, pemuaian dan kalor untuk SMP/MTs kelas VII. Panduan ini dikembangkan berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing. Kualitas produk berdasarkan penilaian ahli materi memiliki kualitas Baik (B) dengan skor 3,50 dan berdasarkan ahli grafika dan guru IPA SMP/MTs memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rerata 3,57 dan 3,80. Respon peserta didik terhadap produk pada uji coba terbatas dan uji utama memiliki kategori Setuju dengan skor rerata 0,88 dan 0,98. Uji keterlaksanaan produk panduan praktikum pada aspek estetika dalam panduan praktikum tidak terlaksana namun aspek-aspek yang lain secara keseluruhan telah terlaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Untoro, M.Si
Uncontrolled Keywords: Panduan Praktikum, Inkuiri terbimbing, Suhu, Pemuaian dan Kalor, SMP/MTs
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 13:33
Last Modified: 03 Aug 2016 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21323

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum