PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN ISTIMA’ DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

AMIN NGAZIZ AL JAWAWI, SPDI, NIM. 1220411212 (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN ISTIMA’ DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN ISTIMA’ DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
1220411212_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN ISTIMA’ DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
1220411212_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Amin Ngaziz Al Jawawi, 2016, Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Dalam Pembelajaran istima’ di SDIT Salsabila 3 Banguntapan, Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam. Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan aplikasi berbasis android dalam pembelajaran istima’. Produk diuji coba kepada peserta didik SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Peserta didik diambil secara acak meliputi perwakila kelas 1, 2, dan 3, tersebut pembelajaran bahasa arab hanya mendapat satu jam mata pelajaran, sedangkan kebanyakan peserta didik masih kurang melafalkan kata dan kalimat bahasa Arab. Dengan pembelajaran istima’ difokuskan pada kelas bawah akan membantu untuk kelas atas kedepannya. Dengan dukungan fasilitas yang dimiliki orang tua berupa Android, para peserta didik dapat belajar istima’ dengan panduan orang tua diluar jam sekolah. Jenis penelitian dalam tesis ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dengan metode penelitian R&D (RESEACH and development). Pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis data induktif meliputi reduksi data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan uji coba/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Presentase yang dicapai oleh ahli materi pada aspek materi kategori sangat baik sebesar 75%. Aspek latihan golongan negatif kategori cukup sebesar 100%, dan golongan positif kategori sangat baik sebesar 100%. Presentase yang dicapai oleh ahli media adalah 69% dalam kategori baik. Presentase dari peserta didik pada aspek desain sebesar 79,592% kategori positif, aspek materi sebesar 81,633% kategori positif. Berdasarkan data tersebut dapat diartikan bahwa aplikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran istima’ bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Janan Asifudin, M.A
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 14:10
Last Modified: 03 Aug 2016 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21329

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum