KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH KAJEN PATI

M AMARUDIN SHUHEB, NIM. 1220411232 (2016) KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH KAJEN PATI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH KAJEN PATI)
1220411232_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH KAJEN PATI)
1220411232_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

M. Amarudin Shuheb, Kompetensi Guru Bahasa Arab dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Salafiyah Kajen Pati. Tesis, Prodi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Pasca Sarjana Unuversitas Islam Negeri Yogyakarta. 2016. Penelitian ini meneliti tentang kondisi tingkat kompetensi guru bahasa Arab yang terkait dengan pembentukan karakter siswa. Realitas menunjukkan bahwa banyak siswa yang berhasil secara akademik namun secara moral; akhlak dan perilaku belum sesuai dengan norma-norma agama. Dan ditambah juga banyaknya guru yang mengajar bahasa Arab tidak semua berlatar belakang pendidikan guru bahasa Arab dan juga tidak memiliki penguasaan metodologi pengajaran bahasa Arab. Hal inilah yang sangat berpengaruh terhadap kualitas madrasah dan peserta didikyang berkarakter; sesuai dengan peraturan pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal 28 ayat 1 dan 2 serta pasal 29 ayat 2. Keberhasilan guru dalam tugasnya sebagai seorang pendidik ditentukan oleh kualitas kompetensi yang dimilikinya. Juga dengan terbitnya UU RI nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, bab IV pasal 10 guru disyaratkan harus mempunyai kompetensi yaitu; kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Pembahasan kompetensi guru penulis fokuskan pada keempat kompetensi guru bahasa Arab dalam pembentukan karakter siswa. Dengan mengambil penelitian di MA Salafiyah Kajen Pati. Pokok permasalahan yang dibahas adalah; 1) Bagaimana tingkat kompetensi guru bahasa Arab di MA Salafiyah Kajen Pati. 2) Bagimana pembentukan karakter siswa di MA Salafiyah Kajen Pati, berdasarkan kompetensi yang dimiliki guru bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan untuk mengkaji penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisa data dengan empat komponen kegiatan yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kompetensi guru bahasa Arab di MA Salafiyah Kajen Pati; untuk kompetensi sosial dan kepribadian masih kurang terlihat dalam penampilan mereka sebagai figur masyarakat. Sedangkan untuk tingkat kompetensi pedagogik dan profesional sudah cukup baik. Karena sebagian besar guru bahasa Arab sudah melakukan prosedur pembelajaran. Pembentukan karakter siswa yang terjadi di MA Salafiyah Kajen Pati belum maksimal, karena tidak semua guru bahasa Arab menjalankan tugasnya dengan optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Guru Bahasa Arab, Pembentukan Karakter Siswa.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 14:13
Last Modified: 03 Aug 2016 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21330

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum