MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENANANAMKAN NILAINILAI TAUHID DAN ENTREPRENEURSHIP DI TK KHALIFAH YOGYAKARTA

WAIS AL QORNI, SPDI, NIM. 1320410064 (2016) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENANANAMKAN NILAINILAI TAUHID DAN ENTREPRENEURSHIP DI TK KHALIFAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENANANAMKAN NILAINILAI TAUHID DAN ENTREPRENEURSHIP DI TK KHALIFAH YOGYAKARTA)
1320410064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENANANAMKAN NILAINILAI TAUHID DAN ENTREPRENEURSHIP DI TK KHALIFAH YOGYAKARTA)
1320410064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Wais Al Qorni, 2016 Manajemen Pembelajaran dalam Menanamkan nilai-nilai Tauhid dan Entrepreneurship di TK Khalifah Yogyakarta. Pembimbing Prof. Dr. Imam Machali, M.Pd. Anak merupakan aset negara yang nantinya akan menjadi penerus bangsa di masa yang akan datang, sehingga pembentukan karakter dan akhlak mulia yang terpenting adalah pada masa pendidikan anak usia dini. Berawal dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis tentang manajemen pembelajaran Tauhid dan entrepreneurship di TK dan dalam rangka mencari jawaban permasalahan tentang bagaimana manajemen pembelajarantauhid dan entrepreneurship, nilai-nilai tauhid dan entrepreneurship apa saja yang diterapkan, faktor apa saja yang mempengaruhi manajemen pembelajaran dalam menanamkan nilai-nilai tauhid dan entrepreneurship di TK Khalifah Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan obyek penelitian di TK Khalifah Yogyakarta. Adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif yang berupaya memberikan gambaran-gambaran tentang latar belakang, sifat dan karakter yang khas dari kasus yang ada di lapangan,untuk mengeksplorasi data dilakukan dengan cara hubungan yang intensif dengan sumber data. Data berupa uraian mengenai kegiatan atau perilaku subyek dan dokumen-dokumen lain yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum manajemen pembelajaran dalam menanmkan nilai-nilai tauhid dan entrepreneurship di TK Khalifah, menunjukan bahwa : Pertama, proses manajemen pembelajaran meliputi 1. Planning (perencanaan), perencanaan pembelajaraan di TK Khalifah tertuang dalam RKH (Rencana Kegiatan Harian), RKM (Rencana Kegiatan Mingguan), RKT (Rencana Kegiatan Taunan), 2. Organizing (Pengorganisasian) dengan Terlebih dahulu menyiapakan fasilitas dan perlengkapan kegiatan belajar mengajar, seperti silabus berupa materi pembelajaran, mempersiapkan kondisi kelas dengan baik agar siswa dan guru siap melakukan kegiatan belajar mengajar. 3. Actuating, (pelaksanaan) pelaksanaan Pembelajaran di TK Khalifah terdiri dari kegiatan awal , kegiatan inti, kegiatan sholat dzuhur dan kegiatan penutup. Kedua, Faktor yang mendukung manajemen pembelajaran antara lain : Guru, Peserta didik, Kurikulum Pendidikan, Sarana dan Prasarana, Wali siswa dan Masyarakat, Faktor penghambat manajemen pembelajaran anatara lain : keterbatasan Guru dalam mendidik anak, Biaya sekolah yang tinggi dan sosialisasi sekolah yang kurang masif. Ketiga, Evaluasi pembelajaran yang dilakukan di TK Khalifah Sukonandi dengan cara mengukur kemampuan anak-anak dalam melaksanakan tugas-tugas kedalam lembar asesmen siswa. Bentuk penilaian menggunakan evaluasi kualitatif yang dinyatakan dengan ungkapan “Jarang”, “Sering”, dan “Kadang-kadang”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran, Tauhid dan Entrepreneurship (PAUD)
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 14:14
Last Modified: 03 Aug 2016 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21331

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum