BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL YANG DITERAPKAN MIN YOGYAKARTA II DAN MI MA’HAD ISLAMY YOGYAKARTA

FAJAR NUR ROHMAD, SPDI, NIM. 1320412156 (2016) BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL YANG DITERAPKAN MIN YOGYAKARTA II DAN MI MA’HAD ISLAMY YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL YANG DITERAPKAN MIN YOGYAKARTA II DAN MI MA’HAD ISLAMY YOGYAKARTA)
1320412156_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL YANG DITERAPKAN MIN YOGYAKARTA II DAN MI MA’HAD ISLAMY YOGYAKARTA)
1320412156_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fajar Nur Rohmad. Bimbingan Pribadi sosial yang diterapakan MIN Yogyakarta II dan MI Ma‟had Islamy Yogyakarta: Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga,2016. Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan optimal siswa SD/MI merupakan tempat yang tepat bagi siswa untuk mendapatkan bimbingan dan konseling sehingga siswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran yang terarah. Bimbingan merupakan bagian integral dari pendidikan, maka tujuan pelaksanaan bimbingan merupakan bagian tidak terpisahkan dari tujuan pendidikan. Dalam mempelajari dan memperlakukan siswa usia SD/MI hendaknya dilakukan secara utuh dan tidak terpisah-pisah. Kita harus melihat mereka sebagai kesatuan yang unik, yang terikat dengan yang lain sehingga bimbingan pribadi sosial bagi siswa SD/MI sangat diperlukan dalam menemukan potensi diri siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan naturalistik. Data dikumpulan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, klarifikasi dan penyajian data, dan penarikan simpulan. Untuk pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, kepala Madrasah MIN Yogyakarta II dan MI Ma‟had Islamy Kotagede Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bimbingan pribadi sosial yang dilakukan MIN Yogyakarta II dan MI Ma‟had Islamy ini ditemukan pada guru kelas sebagai konselor dalam membantu siswa. Model yang digunakan guru kelas dengan menggunakan model Infusi, layanan Khusus, dan Ektrakurikuler dalam melakukan bimbingan pada siswa (2) Nilai karakter yang diberikan guru kelas terhadap siswa disesuaikan dengan visi misi kebijakan Madrasah. Dari 18 nilai karakter tersebut ada yang paling dominan yang diberikan ke siswa MIN adalah nilai relegius ,kejujuran dan tanggung jawab. Sedangkan nilai karakter yang paling dominan di MI Ma‟had adalah nilai relegius,peduli lingkungan, dan gemar membaca. (3) Penerapan Bimbingan Pribadi sosial MIN Yogyakarta II dan MI Ma‟ahad Islamy sama-sama menggunakan model infusi layanan khusus, dan ektrakurikuler. Sedangkan perbedaannya terletak pada proses aplikasi dan administrasinya. Perlu adanya penerapan yang profesional dalam administrasi maupun aplikasi dalam penerapan Bimbingan pribadi sosial pada sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Casmini, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi Sosial, Nilai Karakter
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 14:38
Last Modified: 03 Aug 2016 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21339

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum