DAMPAK SUPERVISI INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ( STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA )

MOH ANWARI, NIM. 1320412217 (2016) DAMPAK SUPERVISI INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ( STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA ). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK SUPERVISI INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ( STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA ))
1320412217_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK SUPERVISI INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ( STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA ))
1320412217_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Moh. Anwari, Dampak Supervisi Internal dan Eksternal Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta). Tesis, Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Supervisi Akademik yang dilakukan kepala sekolah dan pengawas sekolah merpakan suatu proses yang dirancang secara khusus untuk membantu para guru dalam menjalankan tugas-tugasnya, agar dapat menggunakan pengetahuan dan kemampuannya untuk memberikan layanan yang lebih baik pada orang tua siswa dan sekolah sebagai masyarakat belajar yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan: 1) Mendiskripsikan pelaksanaan supervisi internal dan eksternal di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 2) Mendiskripsikan faktorfaktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi Internal dan Eksternal di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 3) Mendiskripsikan dampak supervisi internal dan eksternal terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan, dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Menetapkan keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan dari berbagai sumber di luar data tersebut sebagai bahan perbandingan. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Pengawas sekolah, Wakasek SMA Muhammadiyah 3 Yogyakata, dan guru SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Dari hasil penelitian ini, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) pelaksanaan supervisi internal berjalan dengan baik dengan menerapkan model supervisi klinis dan artistik, teknik supervisi pemeriksaan persiapan sebelum mengajar, teknik kunjungan kelas atau observasi kelas, pertemuan individu dan teknik rapat rutin guru, sedang supervisi eksternal belum berjalan dengan maksimal; (2) faktor penghambatnya adalah kepala sekolah dan pengawas sekolah memiliki kompleksitas dan beban tugas yang berat serta padatnya waktu yang dimiliki dan beberapa guru yang masih belum memahami akan pentingnya supervisi; faktor pendukungnya adalah komitmen kepala sekolah dan guru semakin baik, kebijakan kepala sekolah, komunikasi dan kerjasama antara guru, kepala sekolah dan pengawas terbangun dengan baik, telah terbangunnya budaya tertib andministrasi dan tertib sekolah, dan sarana prasarana yang memadai; (3) supervisi internal dan eksternal yang dilaksanakan secara efektif memberikan dampak positif terhadap kompetensi pedagogik guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Supervisi Internal, Supervisi Eksternal, Kompetensi Pedagogik Guru
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 14:42
Last Modified: 03 Aug 2016 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum