PERAN TUAN GURU HAJI ABD. RAHMAN BIN AHMAD AL-FATHANI (BABA POMBING) DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI MUAS’SASAH MA’HAD ATS-TSAQAFAH AL-ISLAMIYAH POMBING, KECAMATAN POMBING, KABUPATEN PANAREK, PROPINSI PATANI, SELATAN THAILAND)

MR SUPEAN CHEMO, NIM. 1420410008 (2016) PERAN TUAN GURU HAJI ABD. RAHMAN BIN AHMAD AL-FATHANI (BABA POMBING) DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI MUAS’SASAH MA’HAD ATS-TSAQAFAH AL-ISLAMIYAH POMBING, KECAMATAN POMBING, KABUPATEN PANAREK, PROPINSI PATANI, SELATAN THAILAND). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN TUAN GURU HAJI ABD. RAHMAN BIN AHMAD AL-FATHANI (BABA POMBING) DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI MUAS’SASAH MA’HAD ATS-TSAQAFAH AL-ISLAMIYAH POMBING, KECAMATAN POMBING, KABUPATEN PANAREK, PROPINSI PATANI, SELATAN THAILAND))
1420410008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN TUAN GURU HAJI ABD. RAHMAN BIN AHMAD AL-FATHANI (BABA POMBING) DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI MUAS’SASAH MA’HAD ATS-TSAQAFAH AL-ISLAMIYAH POMBING, KECAMATAN POMBING, KABUPATEN PANAREK, PROPINSI PATANI, SELATAN THAILAND))
1420410008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh TGH Abd. Rahman Bin Ahmad al-Fathani (Baba Pombing) berperan sebagai pendiri Muas’sasah Ma’had ats-Tsaqafah al-Islamiyah Pombing, dan berperan sebagai motivator para asatidz yang diberi tugas oleh beliau untuk mengembangkan pendidikan Islam di Muas’sasah tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, pokok permasalahan yang akan dibahas di sini adalah 1) bagaiman perkembangan pendidikan Islam di Muas’sasah Ma’had ats-Tsaqafah al-Islamiyah Pombing? 2) bagaiman peran TGH Abd. Rahman Bin Ahmad dalam pengembangan pendidikan Islam di Muas’sasah Ma’had ats-Tsaqafah al-Islamiyah Pombing? 3) apa faktor-faktor pendukung dan penghambat bagi terwujudnya peran TGH Abd. Rahman Bin Ahmad al-Fathani dalam pengembangan pendidikan Islam di Muas’sasah di atas? Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif; jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat diskriptif dan analitik. Dalam pengmumpulan data, peneliti ini menggunakan metode yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalis data, peneliti ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yakni 1) perkembangan pendidikan Islam di Muas’sasah Ma’had ats-Tsaqafah al-Islamiyah Pombing, Propinsi Patani, Selatan Thailand sejak awal berdirinya sampai sekarang tidak lepas dari hasil pengembangan dan inovasi yang selalu dilakukan oleh para pemimpin Muas’sasah, dengan dibantu oleh unsur-unsur lain yang ada dalam struktur organisasi Muas’sasah. 2) peran TGH Abd. Rahman Bin Ahamd al-Fathani dalam pengembangan pendidikan Islam di Muas’sasah Ma’had ats-Tsaqafah al-Islamiyah Pombing, Propinsi Patani, Selatan Thailand, yakni a) muas’sis modernisme pondok pesantren di Patani, b) Literasi pendidikan Islam di Patani, c) fasilitator dalam pendidikan Islam, d) konseptor kukurikulum ke-Muas’sasahan, e) pencetus metode pembelajaran pendidikan Islam. 3) Foktor pendukung meliputi adanya kebersamaan dalam pengelolaan kurikulum dan proses belajar mengajar, adanya sarana dan prasana yang menunjang, guru berpengalaman dalam mengajar. Faktor penghambat yang meliputi kemampuan dan jiwa psikologi siswa berbeda-beda, peran serta masyarakat yang rendah, lemahnya pengelolaan dana, dan guru tidak profesional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M.Ag., MSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Peran, Pendidikan Islam, TGH Abd. Rahman al-Fathani, Patani
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2016 15:01
Last Modified: 03 Aug 2016 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21348

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum