PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TONGGALAN KLATEN JAWA TENGAH

METHA SHOFI RAMADHANI, NIM. 1420410041 (2016) PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TONGGALAN KLATEN JAWA TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TONGGALAN KLATEN JAWA TENGAH)
1420410041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TONGGALAN KLATEN JAWA TENGAH)
1420410041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metha Shofi Ramadhani. 1420410041, Peran Guru Dalam Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah Tonggalan Klaten Jawa Tengah. Tesis. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi sosial masyarakat yang menghawatirkan, dunia pendidikan mengalami beberapa kemerosotan moral, ketidakadilan, tipisnya rasa solidaritas, kebohongan dengan mencontek saat ujian hingga plagialisme. Sehubungan dengan hal tersebut guru perlu membangun karakter siswa dengan beberapa alasan: siswa tidak selalu mendapatkan pendidikan karakter di rumahnya(orang tua sibuk), hubungan baik antar teman sebaya dan guru dimulai di ruang kelas, mudah dilakukan misalnya sebelum jam pelajaran/awal pelajaran dan pembiasaan, dan pendidikan karakter dapat mengubah dunia di masa depan. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan pada peneliti untuk mengekplorasi tentang peran guru dalam membangun karakter siswa melalui pemelajaran PAI di SD Muhammadiyah Tonggalan Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan psikologi pendidikan. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis kualitatif dan teknik keabasahan data dengan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian bahwa: (1) proses pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Tonggalan yaitu: pembiasan dan keteladanan, proses pembelajaran PKn dan PAI, dan program pendukung pendidikan karakter. Proses pendidikan karakter di sekolah tersebut mengacu pada 18 nilai karakter (religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu,semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabt, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab); (2) peran guru dalam membangun karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Tonggalan yaitu: sebagai pengajar, sebagai pendidik, sebagai teladan dan sebagai motivator; (3) faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam membangun karakter siswa yaitu: faktor pendukung: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Faktor penghambat: inkonsistensi saat rapat dan aplikasi kegiatan, tiap guru responnya berbeda terhadap tanggung jawabnya, latar belakang keluarga siswa yang berbeda, ada siswa yang diam pada teman dan guru, polusi udara, dan keterbatasan ruangan karena sekolah di kawasan perkotaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: peran, guru, pendidikan, karakter, dan siswa
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 08:58
Last Modified: 04 Aug 2016 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21363

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum