ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KITABAH SISWA KELAS X MA TA’MIRUL ISLAM SOLO DAN MAU AL-IMDAD YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (TELAAH TAKSONOMI KATEGORI LINGUISTIK)

MUH NUR SALIM, SPDI, NIM. 1420410046 (2016) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KITABAH SISWA KELAS X MA TA’MIRUL ISLAM SOLO DAN MAU AL-IMDAD YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (TELAAH TAKSONOMI KATEGORI LINGUISTIK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KITABAH SISWA KELAS X MA TA’MIRUL ISLAM SOLO DAN MAU AL-IMDAD YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (TELAAH TAKSONOMI KATEGORI LINGUISTIK))
1420410046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KITABAH SISWA KELAS X MA TA’MIRUL ISLAM SOLO DAN MAU AL-IMDAD YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (TELAAH TAKSONOMI KATEGORI LINGUISTIK))
1420410046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Muh Nur Salim, 2016 Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Kitabah Siswa Kelas X MA Ta‟mirul Islam Solo dan MAU Al-Imdad Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 (Telaah Taksonomi Kategori Linguistik) Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Pembelajaran Insya‟, Kesalahan Linguistik. Penelitian ini bertujuan mengetahui problematika yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran Insya’ dikelas X MA Ta‟mirul Islam Solo dan MAU al- Imdad Yogyakarta, serta upaya solutif yang dilakukan untuk mengatasi probematikatersebut dan mengetahui bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pada lembar Insya’ siswa dalam taksonomi kategori linguistik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan melakukan penelitian di MA Ta‟mirul Islam Solo dan MAU Al-Imdad Yogyakarta. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes. Analisa data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika dalam pembelajaran insya‟ terjadi pada Problem linguistik yang meliputi 1) Interferensi bahasa Ibu (B1) dengan bahasa yang dipelajari (B2/bahasa Arab) 2) Minimnya penguasaan kosakata bahasa Arab 3) Lemahnya pemahaman siswa tentang gramatikal bahasa Arab, kesulitan dalam berangan-angan/memikirkan alur cerita 4) Kurangnya kepekaan rasa berbahasa. Berdasarkan hasil tes, diperoleh kesalahan dari MA Ta‟mirul Islam Solo sebanyak 78 kesalahan dan MAU al-Imdad Yogyakarta sebanyak 90 kesalahan. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pondok pesantren MAU al-Imdad Yogyakarta lebih banyak melakukan kesalahan dibandingkan pondok pesantren Ta‟mirul Islam Solo dalam hal menulis karangan atau insya’. Kesalahan yang dilakukan siswa dipengaruhi oleh perbedaan metode pengajarannya. Diantaranya yang pertama adalah 1) Praktek pengajaran yang ada pada pesantren Salaf (MAU al-Imdad) mempunyai tujuan agar siswa mampu membaca atau memahami suatu teks (fahmul maqru’), sehingga skill dalam hal menulis karangan (insya‟) kurang diasah. Penguasaan gramatika yang di asumsikan untuk pesantren salaf tidak memberikan kontribusi untuk kemampuan kitabah, karena kemampuan kitabah selain harus menguasai gramatika juga harus menguasai mufrodat, pembiasaan dan membutuhkan imajinasi tinggi. 2) Pesantren Modern (MA Ta‟mirul Islam) mengajarkan bahasa Arab sebagai alat komunikasi (pengajaran bahasa melalui pendekatan komunikasi), dimana didalamnya terdapat banyak latihan berbicara maupun menulis. Dari kebiasaan mengungkapkan itulah yang menjadikan siswa Pondok Modern lebih mudah dan lancar dalam mengingat kosakata sehingga menjadikan siswa lebih kreatif dalam menuangkan gagasan kedalam tulisan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sukamta, M.A
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 09:00
Last Modified: 04 Aug 2016 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21364

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum