METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA

RATNA MAFTUHATUN, NIM. 1420410047 (2016) METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA)
1420410047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA)
1420410047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Pembelajaran yang efektif sangat tergantung upaya guru memilih metode yang tepat untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yaitu metode pemecahan masalah (problem solving). Metode pemecahan masalah ini bukan hanya sekedar metode mengajar, namun merupakan suatu cara berpikir, dalam prosesnya dilakukan berawal dari mencari data hingga menarik kesimpulan. Sehingga peserta didik memiliki kemampuan menyelesaikan masalah, bermanfaat dalam kehidupan. Permasalahan yang diangkat yaitu landasan dan pertimbangan untuk menerapkan metode problem solving. Penerapan dalam pembelajaran. Faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SD Muhammadiyah Demangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan langsung serta dokumentasi. Dengan teknik uji keabsahan data yaitu triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) landasan menerapkan metode Problem Solving dalam pembelajaran: Sistem perundang-undangan yang mengatur penerapan pendidikan yaitu Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Didalamnya dijelaskan fungsi dan tujuan pokok, dengan mengacu hal tersebut, pemerintah memiliki peraturan pendukung yaitu Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasioanal Pendidikan. Peraturan ini dijadikan pedoman dalam pelaksanaan dan realisasi pendidikan yang efektif, serta produktif.2) Implementasi Metode Problem Solving dalam Pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Demangan dengan langkah-langkah; Mengidentifikasi masalah, Menegaskan masalah, Memilih sebuah strategi, Melaksanakan strategi yang dipilih, Mengevaluasi hasil. Dalam pembelajaran banyak strategi yang diterapkan diantaranya ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. 3) Faktor pendukung Metode Problem Solving dalam Pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Demangan; Tersedianya multimedia disetiap kelasnya. Alat peraga dalam pembelajaran Al-Quran yang memadai. Metode yang menarik dalam pembelajaran. Adanya konsistensi antara peserta didik dan guru. Faktor penghambat Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Demangan: Tidak adanya kesinambungan antara peserta didik, guru, orang tua wali. Peserta didik dari rumah sendiri, internal. Peserta didik masih kurang pendampingan dalam pergaulannya. Teknologi yang canggih, disatu sisi sangat mengganggu proses pembelajaran. Guru yang kurang peduli terhadap peserta didik. Wali murid lebih mengharapkan pada aspek kognitif. Peserta didik yang masih maunya bermain-main dan adanya trouble maker dalam kelas yang tidak mau melakukan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Problem Solving
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 09:02
Last Modified: 04 Aug 2016 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21365

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum