PENGARUH PENGUASAAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN HASIL KEGIATAN MENTORING AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA (STUDI KASUS DI AKADEMI MANAJEMEN ADMINISTRASI YOGYAKARTA)

NUR LATIFAH, SPDI, NIM. 1420410049 (2016) PENGARUH PENGUASAAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN HASIL KEGIATAN MENTORING AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA (STUDI KASUS DI AKADEMI MANAJEMEN ADMINISTRASI YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUASAAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN HASIL KEGIATAN MENTORING AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA (STUDI KASUS DI AKADEMI MANAJEMEN ADMINISTRASI YOGYAKARTA))
1420410049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUASAAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN HASIL KEGIATAN MENTORING AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA (STUDI KASUS DI AKADEMI MANAJEMEN ADMINISTRASI YOGYAKARTA))
1420410049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nur Latifah 1420410044, "Pengaruh Penguasaan Materi Pendidikan Agama Islam dan Hasil kegiatan Mentoring Agama Islam Terhadap Perilaku Sosial Keagamaan Mahasiwa (Studi Kasus di Akademi Manajen administrasi Yogyakarta)’. Prodi Pendidikan Islam. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Islam Yogyakarta, 2016. Pembimbing: Prof. Dr. H. Ki Supriyoko, S.D.U, M.Pd Penelitian ini tentang perilaku sosial keagamaan yang bertujuan untuk mengatahui: (1) pengaruh penguasaan materi pendidikan agama Islam dan hasil kegiatan mentoring agama Islam terhadap perilaku social keagamaan. (2) pengaruh penguasaan materi agama Islam dan Hasil kegiatan mentoring agama Islam terhadap perilaku social kegamaan. (3) pengaru hasil kegiatan mentoring agama Islam terhadap perilaku sosial keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain asosiatif dalam melakukan eksplanasi objek penelitian tentang variable dependen/kriterium atas variabel independen/prediktor. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 154 mahasiswa. Pengumpulan data variabel pengaruh penguasaan materi agama Islam menggunakan metode tes, sedangkan hasil kegiatan mentoring agama Islam menggunakan dokumentasi dan perilaku social keagamaan menggunakan metode kuesioner. Instrument berupa tes dan kuesioner diujicoba dengan cara ekspert judgment untuk mendapatkan informasi mengenai validitas dan realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian ini adalah bahwa (1) penguasaan materi pendidikan agama Islam dan kegiatan mentoring agama Islam berpanguruh positif dan signifikan terhadap perilaku social keagamaan. Secara bersama-sama kedua variable tersebut mempunyai kontribusi efektif sebesar 12,96%, di mana nilai kegiatan mentoring agama Islam lebih mendominasi. Perilaku social keagamaan mahasiswa akan semakin baik apabila mahasiswa mengikuti kegiatan mentoring dengan giat dan diimbangi materi-materi agama Islam pada saat perkuliahan. (2) penguasaan materi pendidikan agama Islam berpanguruh positif dan signifikan terhadap perilaku social keagamaan. Kontribusi atau sumbangan efektif dari variable penguaaan materi pendidikan agama Islam terhadap perilaku social keagamaannya adalah sebesar 2,0% ketika nilai hasil kegiata mentoring agama Islam tidak berubah konstan. Jadi apabila penguasaan materi pendidikan agama Islam mahasiswa semakin tinggi maka perilaku sosial kegamaan mahasiswa akan semakin baik. (3) nilai hasil kegiatan mentoring agama Islam berpanguruh positif dan signifikan terhadap perilaku social kegamaan. Dan memiliki kontribusi atau sumbangan efektif sebesar 10,9% ketika penguasaan materi pendidikan agama Islam tidak berubah konstan. Apabila kegiatan mentoring agama Islam mahasiswa semakin banyak porsi jam belajarnya, meskipun pemberian materi pendidikan agama Islam lebih sedikit. Tetap mmpu meningkatkan perilaku social keagamaan mahasiswa lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Ki Supriyoko, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Materi PAI, Mentoring, Perilaku Sosial Keagamaan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 10:15
Last Modified: 04 Aug 2016 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21368

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum