PENGARUH SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY SEBAGAI SALAH SATU TEKNIK KONSELING ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN SELF- ESTEEM (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)

KAHARJA,SPD, NIM. 1420410051 (2016) PENGARUH SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY SEBAGAI SALAH SATU TEKNIK KONSELING ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN SELF- ESTEEM (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY SEBAGAI SALAH SATU TEKNIK KONSELING ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN SELF- ESTEEM (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
1420410051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY SEBAGAI SALAH SATU TEKNIK KONSELING ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN SELF- ESTEEM (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
1420410051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Konseling Solution Focused Brief Therapy dalam meningkatkan self-esteem siswa MTs Negeri Bantul Kota pada Tahun 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yakni menggunakan konseling solution focused brief therapy dalam meningkatkan self-esteem siswa MTs N Bantul Kota. Teknik Purposive sampling digunakan untuk memperoleh subyek penelitian yang mengalami self-esfeem rendah. Subyek Penelitian adalah siswa MTs N Bantul Kota yang berjumlah 4 (empat) orang yang mengalami self-esteem rendah. Konseling pada masing-masing subyek berlangsung dalam 4 sesi. Penelitian ini dirancang menggunakan one group pre-test and post-test design (desain perlakuan ulang) dengan mengukur sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Pengukuran self-esteem dilakukan dengan menggunakan skala selfesteem adopsi dari skala self-esteem Copersmith dengan modifikasi. Skala dimodifikasi dalam model skala Likert yang dikalibrasikan dengan uji validitas dan koefisien reliabilitas.. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis Uji Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rangk Test). Uji analisis dihitung dengan bantuan program SPSS for windows seri 18. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Konseling solution focused brief therapy terbukti efektif meningkatkan self-esteem dari kategori rendah (pre-test) menjadi kategori tinggi (post-test) setelah perlakuan. Hasil analisis ditemukan bahwa terdapat pengaruh berupa peningkatan self-esteem siswa antara skor pretest dan post-test dengan nilai sign = 0,046; p 0.05. Hasil analisis menunjukkan bahwa konseling solution focused brief therapy akan memberikan hasil yang lebih optimal apabila diberikan kepada subyek yang memiliki kapasitas intelektual ratarata atas dan aktif selama terapi berlangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Eva Latipah,M.Si
Uncontrolled Keywords: Solution Focused Brief Therapy, Konseling Islami, Self- Esteem
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 10:16
Last Modified: 04 Aug 2016 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21369

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum