STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

WAHYU STIAWAN, SPDI, NIM. 1420410060 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
1420410060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
1420410060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Wahyu Stiawan, 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Penanaman Karakter Siswa di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta, Tesis. Program Pascasarjana Dalam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Latar belakang, berawal dari observasi dilapangan yakni di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. di sana peneliti melihat, Budaya sekolah yang dikembangkan oleh SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta sebagai bentuk pendidikan karakter untuk membangun karakter siswa diwujudkan dengan berbagai macam kegiatan melalui, pembiasaan-pembiasaan perilaku baik di dalam dan luar pelajaran di kelas dengan beberapa aktivitas, Kenakalan siswa juga terkadang terjadi disekolah yang mencerminkan siswa tidak memiliki karakter yang baik, seperti contoh: siswa terkadang masih ada yang suka berbohong, masih menyontek dalam melakukan ujian, tidak disiplin dan tidak saling menghargai satu sama lain. Semua itu dibutuhkan kesadaran dari siswa dan bimbingan dari guru, agar siswa berubah menjadi yang lebih baik lagi dan memiki karakter yang baik pula. Berdasarkan latar belakang di atas maka pokok permasalahan yang akan dibhas di sini adalah 1). Apa saja strategi pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam penanaman karakter siswa di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta? 2). Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam penanaman karakter siswa di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta? 3).Bagaimana hasil dari penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam penanaman karakter siswa di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta?. Metode penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif, peneliti menggunakan metode yaitu: Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Sedangkan dalam menganalis data, peneliti menggunakan Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yakni 1). Strategi yang digunakana adalah strategi pembelajaran langsung (Direct), strategi pembelajaran tidak langsung (Indirect), strategi pembelajaran interaktif (Interactive), strategi pembelajaran melalui pengalaman (experiental learning),dan strategi pembelajaran mandiri. 2) Pelaksanaan Strategi pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam penanaman karakter siswa dengan memilih beberapa strategi yang telah disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, kemudian didukung dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran.3)Hasilnya adalah tercerminkan dari perilaku dan tindakan siswa berusaha untuk menjalankan dan mengaplikasikan pengetahuan karakter dalam kehidupan sehari-harinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Usman, S.S. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dan Penanaman Karakter Siswa.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 10:23
Last Modified: 04 Aug 2016 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21371

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum