EFEKTIVITAS BIMBINGAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI PESERTA DIDIK MTS MIFTAHUL ULUM LENTENG SUMENEP MADURA

INTAN DEWI MAULIDA, NIM. 1420410064 (2016) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI PESERTA DIDIK MTS MIFTAHUL ULUM LENTENG SUMENEP MADURA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI PESERTA DIDIK MTS MIFTAHUL ULUM LENTENG SUMENEP MADURA)
1420410064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI PESERTA DIDIK MTS MIFTAHUL ULUM LENTENG SUMENEP MADURA)
1420410064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Intan Dewi Maulida, S.Pd. : Efektivitas Bimbingan dan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Regulasi Diri Peserta Didik MTs. Miftahul Ulum Lenteng Sumenep Madura. Tesis. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bimbingan konseling Rational Emotive Behavior Therapy untuk meningkatkan kemampuan regulasi diri peserta didi MTs. Miftahul Ulum Leneng Sumenep. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimen (eksperime n semu) dengan nonequivalent pre-test and post-test two group design. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri (sebagai instrumen utama) dan observasi (sebagai instrumen pendukung). Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan tekhnik purposive sampling sebanyak 30 peserta didik yang berasal dari kelas VIII MTs. Miftahul Ulum Leneng Sumenep kemudian dibagi kedalam dua kelompok, yaitu 15 peserta didik untuk kelompok eksperimen dan 15 peserta didik untuk kelompok kontrol. Analisis data yang digunakan adalah T-test diantaranya paired sampel T-test untuk menghitung perbedaan pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Sedangkan independent sample T-test digunakan untuk menguji posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dan perbedaan kemampuan regulasi diri berdasarkan jenis kelamin subjek. Dari hasil analisis independent sampel T-test menunjukkan sig. (2 Tailed) 0,000 0,05. Artinya, skor post-test antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen terdapat perbedaan. Perbedaan ini dapat dilihat pada hasil uji paired sampel T-test pada kelompok eksperimen menunjukkan sig. (2 Tailed) 0.000 0.05, artinya, terdapat peingkatan skor regulasi diri antara sebelum dengan sesudah diberi perlakuan. Sedangkan, pada kelomok kontrol diperoleh nilai sig. (2 Tailed) 0.141 0.05, ini berarti tidak terdapat perbedaan regulasi diri pada subjek antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Pada hasil uji beda selisih diperoleh nilai mean 148, 356 untuk kelompok eksperimen dan 114, 00 untuk kelompok kontrol. Temuan lain dari uji independent sampel T-test pada perbedaan kemampuan regulasi diri berdasarkan jenis kelamin diketahui sig. 0.117 0.05, artinya tidak terdapat perbedaan kemampuan regulasi diri antara laki-laki dan perempuan. Namun, nilai rata-rata darimasingmasing jenis kelamin menunjukan perbedaan yaitu 239. 40 untuk subjek perempuan dan 214, 10 untuk laki-laki. Artinya, perbedaan nilai-rata-rata regulasi diri subjek perempuan lebih tinggi dari pada subjek laki-laki. Sementara hasil uji beda paired sampel T-test terhadap aspek regulasi diri menunjukan bahwa nilai sig. (2 Tailed) 0, 05 dan nilai T hitung dari masing-masing aspek berada diluar daerah penerimaan Ho, dimana T tabel berada pada -2, 144 sampai 2, 144. Dengan begitu, seluruh aspek regulasi diri yaitu forethought, performance, self-refalction secara signifikan terbukti berpengaruh terhadap peningkatan regulasi diri subjek. Berdasarkan penjabaran hasil analisis data di atas, dinyatakan bahwa bimbingan konseling Rational Emotive Behavior Therapy secara empirik terbukti efektif untuk meningkatkan regulasi diri peserta didik MTs. Miftahul Ulum Lenteng Sumenep Madura.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Imas Kaniya Rahman, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: regulasi diri, bimbingan konseling Rational Emotive Behavior Therapy, peserta didik Madrasah Tsanawiyah Lenteng Sumenep Madura
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 10:25
Last Modified: 30 Aug 2016 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21372

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum