KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DENGAN NILAI TAFAKKUR UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL (STUDI EKSPERIMEN PADA REMAJA PUTRA PANTI ASUHAN DARUL IHSAN, MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA)

SYAMSUL HADI, SKOMI, NIM. 1420410079 (2016) KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DENGAN NILAI TAFAKKUR UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL (STUDI EKSPERIMEN PADA REMAJA PUTRA PANTI ASUHAN DARUL IHSAN, MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DENGAN NILAI TAFAKKUR UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL (STUDI EKSPERIMEN PADA REMAJA PUTRA PANTI ASUHAN DARUL IHSAN, MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA))
1420410079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DENGAN NILAI TAFAKKUR UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL (STUDI EKSPERIMEN PADA REMAJA PUTRA PANTI ASUHAN DARUL IHSAN, MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA))
1420410079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Syamsul Hadi (2016), "Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Dengan Nilai Tafakkur Untuk Meningkatkna Kecerdasan Emosional, (Studi Eksperimen pada Remaja Putra Panti Asuhan Darul Ihsan, Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta)." Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prodi Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Dan Konseling Islam. Penelitian ini berangkat dari kasus kekerasan yang marak terjadi di lingkungan remaja, yang didapatkan dari beberapa media serta pengamatan langsung terhadap subjek penelitian. Beberapa kasus yang terjadi, jika diidentifikasi secara lebih mendalam, perilaku menyimpang tersebut disebabkan karena rendahnya kecerdasan emosional pada individu. Menurut Goleman individu yang baik kecerdasan emosinya adalah yang mampu untuk mengelola emosinya. Maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Secara teoritis kecerdasan emsoional dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok REBT dengan nilai Tafakkur. Hal ini kemudian perlu dilakukan uji secara empiris dengan menggunakan desain penelitian eksperimen untuk menguji efektifitas konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan nilai Tafakkur untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Remaja Putra Panti Asuhan Darul Ihsan Prambanan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimen design dengan melibatkan 14 remaja panti asuhan, yang kemudian terbagi menjadi dua kelompok yakni 7 remaja masuk kelompok eksperimen dan 7 remaja masuk kelompok kontrol. Dalam pelaksanaan treatmen, intervensi dilakukan selama lima kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan Nilai Tafakkur Efektif untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Remaja Putra Panti Asuhan Darul Ihsan Muhammadiyah Prambanan, dimana nilai Z adalah -2,371 dengan taraf signifikansi yaitu p=0,018 yang berarti 0,01 p 0,05, dimana terdapat perbadaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Peningkatan hasil pretest dan posttest ditunjukkan pula dengan perhitungan hasil Mean dari keduanya yaitu 99,86 untuk rata-rata skore pretest dan 109,00 untuk rata-rata hasil posttest. Dari hasil analisis pula diketahui bahwa kecerdasan emosi pada subjek meningkat pada beberapa aspek yaitu pada aspek mengelola emosi, motivasi diri, membangun hubungan sosial, dan empati. Sedangkan untuk aspek mengenali emosi secara tidak langsung juga turut meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatkan subjek pada aspek mengelola emosi, yang kemudian secara otomatis subjek akan melewati tahap mengenali emosi sebelum mampu mengelola emosi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurjannah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok REBT, Tafakkur, dan Kecerdasan Emosional.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 10:32
Last Modified: 04 Aug 2016 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21375

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum