MASJID JAMI’ SAGAN DAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI MANULA (STUDI KASUS DI MASJID JAMI’ SAGAN KELURAHAN TERBAN KOTA YOGYAKARTA)

MANSUR SUKRI DAING, NIM. 1420410083 (2016) MASJID JAMI’ SAGAN DAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI MANULA (STUDI KASUS DI MASJID JAMI’ SAGAN KELURAHAN TERBAN KOTA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MASJID JAMI’ SAGAN DAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI MANULA (STUDI KASUS DI MASJID JAMI’ SAGAN KELURAHAN TERBAN KOTA YOGYAKARTA))
1420410083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MASJID JAMI’ SAGAN DAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI MANULA (STUDI KASUS DI MASJID JAMI’ SAGAN KELURAHAN TERBAN KOTA YOGYAKARTA))
1420410083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mansur Sukri Daing. Masjid Jami’ Sagan dan Pendidikan Islam bagi Manula (Studi Kasus di Masjid Jami’ Sagan Kelurahan Terban Kota Yogyakarta). Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Pendidikan Islam bagi seluruh kalangan umat muslim merupakan suatu keharusan. Hal ini tidak terlepas dari penerapan Pendidikan Islam bagi manula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang peran serta fungsi masjid Jami’ Sagan Terban Yogyakarta dalam pelaksanaan Pendidikan Islam bagi manula. Dalam penelitian ini juga akan memaparkan kondisi fisik dan psikis manula, tujuan, materi, metode, hasil dari pembinaan tersebut, dan juga faktor pendukung lainnya. Adapun alasan memilih lokasi penelitian di Masjid Jami’ Sagan adalah, masjid tersebut merupakan masjid terbesar di kelurahan Terban serta memiliki berbagai macam kegiatan sosial dan keagamaan terlebih khusus berkaitan dengan penelitian ini yakni adanya aktifitas kegiatan pendidikan Islam khusus bagi manula. Sedangkan manula di kelurahan terban, khususnya berada di sekitar masjid Jami’ Sagan merupakan manula yang memiliki antusias tinggi dalam menuntut Ilmu Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan mengambil lokasi di Masjid Jami’ Sagan Kelurahan Terban Kota Yogyakarta. Obyek dari penelitian ini adalah masjid Jami’Sagan dan para manula yang terkait dengan keberlangsungan pelaksanaan Pendidikan Islam. Subyek dari penelitian yaitu para manula, Pembina keagamaan (ustadz), dan Takmir Masjid. Pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian diolah dan ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi data, berupa trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil Penelitian menunjukkan: (1). Peran dan fungsi Masjid Jami’ Sagan selain ibadah juga sebagai wadah untuk Pendidikan Islam terlaksana dengan lancar. (2). Implementasi Pendidikan Islam mencapai hasil yang cukup memuaskan, hal ini dapat dilihat dari penyampaian materi yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh manula dan penerapan metode yang cocok dengan kondisi manula yakni; metode ceramah, metode demonstrasi, metode bercerita, metode menghafal, dan metode motivasi. (3). Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan tersebut meliputi; solidnya takmir masjid dalam mengelola kegiatan, antusias para manula, adanya kunjungan dari berbagai organisasi, dan adanya dukungan masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Marumah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Masjid Jami’ Sagan, Materi, Metode Pendidikan Islam, dan Manula.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 10:33
Last Modified: 04 Aug 2016 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21376

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum