IDEOLOGI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA PADA KURIKULUM (STUDI DI PP. AL-MUTTAQIEN, MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL DAN PPTQ IBNU ABBAS)

SYIFA ABDUL LATHIF, NIM. 1420410095 (2016) IDEOLOGI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA PADA KURIKULUM (STUDI DI PP. AL-MUTTAQIEN, MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL DAN PPTQ IBNU ABBAS). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDEOLOGI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA PADA KURIKULUM (STUDI DI PP. AL-MUTTAQIEN, MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL DAN PPTQ IBNU ABBAS))
1420410095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IDEOLOGI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA PADA KURIKULUM (STUDI DI PP. AL-MUTTAQIEN, MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL DAN PPTQ IBNU ABBAS))
1420410095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SYIFA ABDUL LATHIF, Ideologi Pendidikan dan Implikasinya pada Kurikulum (Studi di PP. al-Muttaqien, Muhammadiyah Boarding School dan PPTQ Ibnu Abbas) Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016 Setiap organisasi keislamaan di Indonesia memiliki ideologi masing-masing. Ideologi tersebut mereka terjemahkan menjadi sebuah tujuan, visi, dan misi organisasi. Organisasi-organisasi keislaman tersebut mendirikan lembaga pendidikan. Di setiap lembaga pendidikan terdapat kurikulum. Kurikulum di lembaga pendidikan tersebut tidak lepas dari ideologi yang mereka yakini. Lebih jauh, ideologi ini memiliki implikasi terhadap pendidikan Islam yang diselenggarakan di setiap lembaga pendidikan berbasis organisasi Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, tempat penelitian di PP. Al Muttaqien Pancasila Sakti, Muhammadiyah Boarding School, dan PPTQ Ibnu Abbas. Subyek penelitian ini adalah pengasuh pesantren sedangkan informannya adalah para ustad. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peran Pesantren al-Muttaqien Pancasila Sakti adalah (1) nasionalisme religius, perdamaian universal. Untuk menanamkan ideologi, dimasukkan mata pelajaran ke-NU-an Aswaja dan Siroh Mbah Liem (2) MBS menekankan kembali kepada Al Quran dan sunnah dan membentuk kader muhammadiyah. Diajarkan materi kemuhammadiyahan untuk membentuk kader muhammadiyah yang berilmu dan berakhlak (3) PPTQ Ibnu Abbas mengusung dakwah Islamiyah sebagai usaha untuk menuju kemuliaan Islam. Untuk menanamkannya terdapat mata pelajaran sejarah Islam yang khusus membahas Turki Usmani, Siroh Nabawiyah, Tsaqofah dan Halaqah Tarbawi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Ideologi, Kurikulum, Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 10:38
Last Modified: 04 Aug 2016 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21378

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum