KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN KONSEP KEBAHAGIAAN AL-GHAZALI UNTUK MENGURANGI KESEPIAN (STUDI EKSPERIMEN PADA KONSELI MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)

RIFQI MUHAMMAD, SPDI, NIM. 1420410125 (2016) KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN KONSEP KEBAHAGIAAN AL-GHAZALI UNTUK MENGURANGI KESEPIAN (STUDI EKSPERIMEN PADA KONSELI MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN KONSEP KEBAHAGIAAN AL-GHAZALI UNTUK MENGURANGI KESEPIAN (STUDI EKSPERIMEN PADA KONSELI MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
1420410125_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN KONSEP KEBAHAGIAAN AL-GHAZALI UNTUK MENGURANGI KESEPIAN (STUDI EKSPERIMEN PADA KONSELI MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
1420410125_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Rifqi Muhammad, S.Pd.I.: Konseling Islami menggunakan Konsep Kebahagiaan Al-Ghazali untuk mengurangi Kesepian (Studi Eksperimen pada konseli MTs Negeri Bantul Kota Yogyakarta). Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peluang mengenai penggunaan konsep keilmuan Islam yang dijadikan sebagai materi dalam pemberian layanan konseling Islami di madrasah untuk mengurangi kesepian konseli yang tidak memiliki kelakatan figur. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah konseling Islami menggunakan konsep kebahagiaan al-Ghazali dapat mengurangi kesepian konseli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, bertujuan menguji efektivitas konseling Islami menggunakan konsep kebahagiaan al- Ghazali untuk mengurangi kesepian. Eksperimen ini menggunakan one group pre and posttest design, dengan melibatkan 8 konseli MTs Negeri Bantul Kota Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek dipilih berdasarkan kriteria tertentu, sesuai dengan tujuan penelitian (non-probability sampling). Data penelitian dikumpulkan menggunakan skala kesepian, angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan uji wilcoxon signed ranks test. Hasil uji wilcoxon signed ranks test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kesepian konseli antara sebelum dengan sesudah pemberian layanan konseling Islami, dengan Z = -2,524 dan p-value = 0,012 (p-value 0,050). Konsep kebahagiaan al-Ghazali yang praktis, memudahkan subjek penelitian dalam memahami dan mempraktikkan konsep tersebut dalam proses konseling dan kehidupan sehari-hari. Diantara arahan atau nasihatnya adalah untuk bercermin diri, mengenal cinta, berani, memelihara diri, sabar, syukur, hikmah, dan cinta kepada Allah. Dengan kata lain, konsep kebahagiaan ini bertujuan agar terjadi perubahan jiwa, perasaan dan pikiran untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Hal ini lah yang mampu mengurangi kesepian masing-masing subjek, karena metode untuk mengurangi kesepian adalah dengan menggunakan restrukturasi kognitif, kemudian dikombinasikan dengan konsep kebahagiaan al-Ghazali yang diterapkan dalam aktivitas konseling. Dengan demikian, maka konseling Islami menggunakan konsep kebahagiaan al-Ghazali dapat mengurangi kesepian konseli. Sehingga, temuan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan pengembangan konseling Islami untuk mengembangkan potensi (fitrah) konseli.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konseling Islami, Konsep Kebahagiaan Al-Ghazali, Kesepian.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 11:13
Last Modified: 04 Aug 2016 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21388

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum