KONSEP JILBAB DAN IDENTITAS KEAGAMAAN PERSEPSI MAHASISWI SEBAGAI CALON GURU PAI (STUDI KASUS MAHASISWI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2013 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

LAYLI TSURAYYA, SHUM, NIM. 1420410147 (2016) KONSEP JILBAB DAN IDENTITAS KEAGAMAAN PERSEPSI MAHASISWI SEBAGAI CALON GURU PAI (STUDI KASUS MAHASISWI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2013 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP JILBAB DAN IDENTITAS KEAGAMAAN PERSEPSI MAHASISWI SEBAGAI CALON GURU PAI (STUDI KASUS MAHASISWI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2013 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
1420410147_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP JILBAB DAN IDENTITAS KEAGAMAAN PERSEPSI MAHASISWI SEBAGAI CALON GURU PAI (STUDI KASUS MAHASISWI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2013 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
1420410147_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Layli Tsurayya. NIM 1420410147: Konsep Jilbab dan Identitas Keagamaan Persepsi Mahasiswi Sebagai Calon Guru PAI (Studi kasus Mahasiswi Jurusan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta): Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya salah satu faktor yang mempengaruhi ekspresi keagamaan, yaitu globalisasi. Dalam tradisi Islam, ekspresi keagamaan tersebut salah satunya dapat dilihat melalui jilbab. Di Indonesia, fenomena wanita berjilbab semakin meningkat seiring dengan perkembangan keanekaragaman model dan variasi jilbab. Namun kemajuan yang terjadi tidak diikuti dengan pemahaman mereka mengenai nilai di balik peran jilbab itu sendiri. Sehubungan dengan fenomena tersebut, penulis terdorong untuk melakukan penelitian jilbab di kalangan akademisi, yaitu Mahasiswi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang notabenenya sebagai calon guru PAI. Hal ini penting dilakukan untuk membiasakan dan membentuk karakter mahasiswi dalam memberikan teladan dan contoh yang baik tentang jilbab kepada peserta didik. Melalui penelitian ini, penulis ingin mengetahui konsep jilbab menurut Mahasiswi PAI dan pengaruh konsep tersebut terhadap perilaku keagamaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif. Teknik dalam penentuan subjek penelitian yang penulis gunakan adalah wawancara mendalam, observasi terlibat dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif-analitik, dan pada akhirnya kesimpulan. Dengan menggunakan teori dimensi keagamaan Glock dan Stark, hasil penelitian menunjukkan: Pertama, konsep pemahaman tentang jilbab menurut Mahasiswi PAI sebagai calon guru agama tidak hanya memiliki konsep tunggal, melainkan terdiri dari lima variasi, yaitu: (1) Jilbab sebagai kewajiban dalam Islam untuk menutup aurat, (2) Jilbab sebagai identitas muslimah, (3) Jilbab sebagai motivasi untuk membentuk karakter, (4) Jilbab sebagai pelindung, 5) Jilbab sebagai bentuk penghormatan kepada kaum wanita, dan (6) Jilbab sebagai gaya hidup baru wanita muslimah. Kedua, Pengaruh konsep jilbab Mahasiswi PAI terhadap perilaku keagamaannya dapat dilihat dari dua hal, yakni dari aspek kepribadian dan sosial. Aspek kepribadian yang mereka miliki adalah kreatif dan inovatif, bersikap dewasa dalam memandang setiap persoalan, serta sopan dalam bertutur kata dan bertindak. Adapun dari aspek sosialnya adalah kemampuan mereka dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan baik terhadap orang-orang di sekitarnya, terlebih dengan orang yang belum sepenuhnya mereka kenal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Jilbab, Mahasiswi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 11:30
Last Modified: 04 Aug 2016 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21398

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum