ANALISIS PERBANDINGAN EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS VII SMP/MTS MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA DENGAN MTS NEGERI SLEMAN KOTA

SYAMSIYAH NASUTION, NIM. 1420410151 (2016) ANALISIS PERBANDINGAN EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS VII SMP/MTS MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA DENGAN MTS NEGERI SLEMAN KOTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBANDINGAN EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS VII SMP/MTS MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA DENGAN MTS NEGERI SLEMAN KOTA)
1420410151_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBANDINGAN EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS VII SMP/MTS MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA DENGAN MTS NEGERI SLEMAN KOTA)
1420410151_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Syamsiyah Nasution. 2016. Analisis Perbandingan Evaluasi Pembelajaran Dalam Buku Ajar Bahasa Arab Kelas VII SMP/MTs Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan MTs Negeri Sleman Kota. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi kedua buku ajar pendidikan bahasa Arab dalam empat aspek yaitu dari segi aspek kompetensi, aspek materi, variasi soal dan kualitas soal sekaligus membandingkannya. Empat aspek tersebut belum dilakukan penilaian secara kualitatif yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis perbandingan evaluasi pembelajaran bahasa Arab dilihat dari aspek kompetensi, aspek materi, variasi soal dan kualitas soal, baik dari buku ajar SMP/MTs kelas VII Muhammadiyah 2 Yogyakarta maupun buku ajar MTs Negeri Sleman Kota. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif, yaitu mengkomparasikan buku ajar SMP/MTs kelas VII Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan MTs Negeri Sleman kota. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode (content analysis). Analisis isi kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Evaluasi dalam buku ajar kelas VII SMP/MTs Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan buku ajar MTs Negeri Sleman Kota telah sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. (2) Evaluasi dalam buku ajar kelas VII SMP/MTs Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan buku ajar MTs Negeri Sleman Kota telah sesuai dengan materi yang ada. (3) Evaluasi dalam buku ajar kelas VII SMP/MTs Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan buku ajar MTs Negeri Sleman Kota memiliki variasi soal yang berbeda. Bentuk soal-soal dalam buku ajar kelas VII MTs Negeri Sleman Kota lebih bervariasi dibandingkan dengan buku ajar kelas VII SMP/MTs Muhammadiyah. Karena, variasi, bentuk soal, dan cara penulisan soal sangat beragam sehingga siswa mudah memahami materi dengan menjawab soal-soal yang ada dalam buku ajar ini. Bentuk soal menerjemahkan ada dalam setiap bab. Sedangkan variasi soal dalam buku ajar kelas VII SMP/MTs Muhammadiyah 2 Yogyakarta sedikit bahkan tidak ada soal latihan kemahiran mendengar dalam buku ajar tersebut dan soal menerjemahkan sangat sedikit. (4) Evaluasi dalam buku ajar kelas VII SMP/MTs Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan buku ajar MTs Negeri Sleman Kota dilihat dari kualitas soal sudah bagus, karena sudah sesuai dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran, Buku Ajar Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 11:32
Last Modified: 04 Aug 2016 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum