PENGELOLAAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB SANTRIWATI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL MU’ALLIMIEN AL-ISLAMIYAH (TMI) PUTRI AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA

HANIYA, SPDI, NIM. 1420410153 (2016) PENGELOLAAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB SANTRIWATI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL MU’ALLIMIEN AL-ISLAMIYAH (TMI) PUTRI AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB SANTRIWATI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL MU’ALLIMIEN AL-ISLAMIYAH (TMI) PUTRI AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA)
1420410153_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB SANTRIWATI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL MU’ALLIMIEN AL-ISLAMIYAH (TMI) PUTRI AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA)
1420410153_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan lingkungan bahasa Arab dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Santriwati Pondok Pesantren Tarbiyatul Mu‟allimien Al-Islamiyah (TMI) Putri Al-Amien Prenduan Sumenep Madura dengan menggunakan analisis CIPP. Adapun penelitian ini membahas bentuk pengelolaan lingkungan bahasa Arab di Pondok Pesantren TMI Putri Al-Amien Prenduan yang meliputi tujuan, mekanisme dan strategi pengelolaan lingkungan bahasa Arab, serta tingkat keberhasilan lingkungan bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan berbahasa santriwati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dan tehnik analisa datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) lingkungan bahasa Arab di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mu‟allimien Al-Islamiyah Putri Al-Amien Prenduan diterapkan sejak berdirinya pondok dengan tujuan sebagai wahana praktek berbahasa yang dapat melatih, membiasakan dan menumbuhkan berbagai keterampilan berbahasa yang dimiliki santriwati. Adapun Mekanisme pengelolaan lingkungan bahasa yang diciptakan berupa pengurus markazul lughah sebagaikonsultan dan penasehat dan bagian pengembangan bahasa sebagai perencana, pelaksana, penggerak lingkungan bahasa di pesantren. adapun strategi pengelolaan lingkungan bahasa yang diterapkan oleh pesantren berupa strategi lingkungan formal yang meliputi seluruh proses kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan melalui pendidikan formal dan strategi lingkungan informal yang berupa pemberian figure berbahasa Arab aktif, lingkungan psikologis, lingkungan pandang, lingkungan bicara, lingkungan dengar, lingkungan tulis dan beberapa kegiatan atau program kebahasaan seperti tazwid al-mufrażāt, hiwār, dan lain sebagainya. (2) Adapun tingkat keberhasilan lingkungan bahasa Arab melalui analisis CIPP (konteks, input, proses dan produk) dapat dikategorikan "baik". Hal ini dibuktikan dengan mampunya pengurus bahasa melakasanakan program, antusiasnya santriwati dalam mengikuti program serta tercapainya tujuan program yang dapat dibuktikan dengan nilai evaluasi sumatif, prestasi-prestasi kebahasaan yang diraih di dalam pondok maupun di luar pondok, pandangan beberapa ustażah, pandangan beberapa santriwati serta hasil pengamatan lapangan (observasi). Adapun hambatan yang dialami pesantren dalam mengelola lingkungan bahasa Arab yaitu kurangnya kesadaran santriwati untuk menggunakan bahasa resmi dan sebagian ustażah dan pengurus untuk memberikan teladan berbahasa yang baik, kurang ketatnya pengawasan pengurus di lapangan, kurannya profesionalisme sebagian pengajar bahasa Arab, Kurangnya pengoptimalisasian penggunaan fasilitas atau sarana yang ada, perbedaan latar belakang pendidikan santriwati, dan Menurunnya motivasi belajar santriwati.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Muhammad Amin, Lc, M.A
Uncontrolled Keywords: Lingkungan bahasa Arab, Keterampilan berbahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 11:34
Last Modified: 04 Aug 2016 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21400

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum